Rusia Nyatakan NATO Sebagai Ancaman Nasional - alfisbu.com

Rusia Nyatakan NATO Sebagai Ancaman Nasional




Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani pembaruan daftar doktrin militer mengenai keamanan nasional. Dalam doktrin baru itu Moskow secara tegas memasukkan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) sebagai ancaman terhadap negara.

Doktrin militer mengatakan, kebijakan independen dalam dan luar negeri Rusia telah memicu aksi kontra dari Amerika Serikat (AS) dan sekutu-sekutunya. Negara-negara ini dituduh berjuang untuk mendominasi urusan global.

Strategi keamanan nasional yang diperbarui dan ditandatangani oleh Putin adalah yang terbaru dalam serangkaian langkah menghadapi NATO. Pada 2014, Rusia mengumumkan mengubah doktrin militer untuk memperhitungkan krisis Ukraina dan kehadiran NATO di Eropa Timur.

Penasihat Rusia Mikhail Popov pada saat itu mengatakan, NATO semakin besar dalam beberapa tahun terakhir. “Aliansi NATO semakin dekat dengan perbatasan Rusia dan menunjukkan sebuah ancaman eksternal untuk Rusia,” ujarnya seperti dikutip dari laman BBC, Jumat  1 Desember 2015.

Albania dan Kroasia bergabung di NATO pada 2009. Pada 2011, aliansi mengakui empat calon anggota, yaitu Bosnia, Georgia, Makedonia, dan Montenegro. Rusia juga memperkuat militernya dengan latar belakang ancaman untuk keamanan nasional yang memiliki karakter rumit dan saling terkait.

Di doktrin militer tersebut juga dinyatakan, NATO baru-baru ini membangun potensi militer di seluruh perbatasan Rusia.

Sumber : www.jejaktapak.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rusia Nyatakan NATO Sebagai Ancaman Nasional"

Post a Comment