Fakta Unik Hidung Manusia - alfisbu.com

Fakta Unik Hidung Manusia

Salah satu anggota panca indera ini berfungsi untuk membau.Kita bisa mengenal bau dari yang sedap sampai yang busuk karena hidung.Kita bernafas pun melalui hidung.Meski bisa saja lewat mulut namun dengan hidung,respirasi kita jadi lebih sehat.
Faktanya,ada fakta unik lain dari hidung.Berikut ini faktanya:
1. Hidung bisa mencium emosi
Selain wewangian atau aroma lain,hidung juga dapat mendeteksi emosi.Penelitian di Utrecth University,Belanda menemukan bahwa manusia bisa mendeteksi berbagai macam emosi dengan mencium senyawa kimia yag dilepaskan tubuh.Misalnya rasa takut atau jijik bisa diketahui dengan mengendus keringat karena aromnya akan berbeda dari emosi normal.
2. Hingga 1 triliun aroma bisa dideteksi
Dalam penelitian tahun 1927,diketahui bahwa hidung hanya bisa membau 10.000 jenis bau-bauan.Namun hasil penelitian tersebut telah dibantah oleh penelitian terbaru.Studi dari Rockefeller University,New York,bahwa sekitar 400 reseptor hidung bisa mengidentifikasi sedikitnya 1 triliun aroma.
3. Lubang hidung sebelah kanan dan kiri punya peranan yang berbeda
Sebelah kanan mewakili matahari(mengeluarkan panas) dan sebelah kiri mewakili bulan(mengeluarkan dingin).Seperti konsep Yin dan Yang.Jika sakit kepala,cobalah menutup hidung sebelah kanan dan bernafaslah dengan lubang hidung sebelah kiri selama kira-kira 5 menit.Sakit kepala akan sembuh.
4. Lendir atau ingus sebenarnya sangat penting
Ingus melindungi hidung dari infeksi dan bakteri.Lendir bertugas menangkap kotoran dan mikroba adar tak sampai masuk lebih jauh dalam sistem pernapasan yang bisa menyebabkan infeksi atau  alergi.
5. Efektifitas penciuman bisa berkurang
Kemampuan hidung semakin lama semakin berkurang.Jika di masa muda anda dapat dengan mudahnya mencium aroma,maka berbeda sata anda suda tua.Di usia 65 tahun manusia mulai kehilangan kemampuan indera pembaunya.Dan pada usia 80 tahun,50% aroma tidak dapat diidentifikasi oleh manusia.
6. Bersin,sepele tapi penting
Sekali anda mulai merasa akan bersin,anda tidak bisa menghentikannya jika sudah mulai.Bersin merupakan refleks tubuh dengan kecepatan lebih dari 150 km/jam.Udara yang terlontar bisa mencapai jarak 5 kaki.Bersin bisa menyebarkan  100.000 kuman ke udara.
7 .Gaya bersin dipengaruhi oleh faktor genetik(keturunan)
Gaya bersin diberikan secara menurun dari generasi ke generasi.Dan gaya bersin setiap orang berbeda-beda.Mungkin ayah,ibu,atau kakek dan nenek anda punya gaya bersin yang sama dengan anda.
Sekian postingan kali ini.Semakin anda ingin tahu semakin banyak ilmu menunggu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Unik Hidung Manusia"

Post a Comment