Fakta Unik Tahun Kabisat - alfisbu.com

Fakta Unik Tahun Kabisat



Tahun kabisat merupakan tahun dimana terdapat 366 hari dalam satu tahun dan biasanya terjadi dalam kurun waktu 4 tahun sekali.Dimana tambahan 1 hari tersebut dimasukkan dalam bulan Februari.Bulan Februari yang biasanya hanya tertulis hingga tanggal 28,pada tahun kabisat menjadi sampai tanggal 29.Tahu kabisat terjadi karena tiap 1 tahun,bumi mengalami revolusi 365 hari+6 jam.Nah waktu 6 jam tersebut,jika diakumulasikan dalam 4 tahun akan berjumlah 24 jam atau sama dengan 1 hari.Jadi itulah mengapa terdapat tahun berjumlah hari 366 setiap 4 tahun.Orang-orang pun banyak yang menganggap bahwa pada tanggal 29 Februari pada tahun kabisat,terdapat berbagai fenomena aneh dan unik.Berikut fakta-fakta unik pada tahun kabisat :
1 .Jika angka tahun tersebut habis dibagi 400,maka tahun itu sudah pasti tahun kabisat.
2 .Jika angka tahun itu habis dibagi 4 namun tidak habis dibagi 100 & 400 maka tahun itu tahun kabisat.
3 .Jika angka tahun tersebut habis dibagi 100 namun tidak habis dibagi 400 maka tahun tersebut bukan tahun kabisat.
4. Jika angka tahun tersebut tidak habis dibagi 4,100,dan 400,maka tahun tersebut bukan tahun kabisat
5. Tidak semua tahun berakhiran seratus merupakan tahun kabisat.Tahun 1700,1800,dan 1900 bukan tahun kabisat.Sehingga menimbulkan pengertian baru tentang tahun kabisat yakni tahun yang habis dibagi 400.
6. Pasangan di Yunani menolak menikah d tahun kabisat karena mereka percaya akan terjadinya nasib buruk.
7. Terdapat peribahasa Italia yang berbunyi,”Anno bisesto,anno funesto”.Artinya tahun kabisat,tahun sial.
8 .Tahun kabisat dipercaya membawa kabar buruk di Rusia dan Skotlandia.
9. Leapling atau leaper adalah sebutan bagi orang yang lahir di tanggal 29 Februari.Peluang leapling yakni 1:1461.Kemungkinan terdapat 5 juta leapling di dunia.
10. Keluarga pemegang kelahiran leapling terbanyak adalah keluarga Keogh dari Inggris dan Irlandia.3 generasi keluarga tersebut lahir di tanggal 29 Februari.Yakni dari sang Kakek Peter Anthony Keogh,kemudian putranya Peter Eric,dan cucunya,Bethany Wealth.
11. Di masa kini,tahun kabisat berarti membawa kesialan bagi para pekerja.Karena banyak prusahaan yang mengeluarkan gaji bulanan berdasarkan hitungan 28 hari.Artinya,pada tanggal 29 Februari banyak pekerja yang akan bekerja secara gratis.
12. Di Denmark,jika pria menolak lamaran wanita pada tanggal 29 Februari,maka pria itu harus memberi si wanita 12 pasang sarung tangan.Di Finlandia,pria harus memberi kain kepada wanita untuk membuat baju.
13. Di Hongkong,ulang tahun resmi bagi mereka yang lahir pada tanggal 29 Februari adalah tanggal 1 Maret.Sedang di Selandia Baru pada tanggal 28 Februari.
14. Mereka yang lahir di tahun kabisat menurut para astrolog memiliki bakat istimewa,kepribadian unik,bahkan kemampuan magis.Seperti rapper Ja Rule,atlet sepakbola Darren Ambrose,dan pencipta puisi Lord Byron.
15. Inggris pernah kehilangan 11 hari pada tahun 1752 di bulan September.Di bulan ituterjadi lompatan hari dari tanggal 2 langsung ke tanggal 14.Hal ini terjadi karena kecacatan kalender perhitungan warisan Sosiogenesis,kalender Julia.Setelah terjadinya kerusuhan di Inggris karena perbedaan  penanggalan dengan negara lain,akhirnya Inggris

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Unik Tahun Kabisat"

Post a Comment