Fakta Unik Telinga Manusia - alfisbu.com

Fakta Unik Telinga Manusia

Sebagai bagian dari sistem syaraf,telinga memiliki peran vital.Telinga berfungsi sebagai indera pendengaran dan alat keseimbangan tubuh.
Berikut fakta unik telinga:
1. Telinga tidak pernah berhenti mendengar.
Sebenarnya sepanjang 24 jam,telinga terus beroperasi.Hanya saja saat tidur,otak beristirahat sehingga tidak memproses impuls dari telinga.
2. Kotoran telinga punya fungsi penting
Yakni : 1. Melindungi telinga dari gatal dan kurang cairan
             2. Menjaga kebersihan
3. Adanya semacam perubahan kondisi telinga di tempat tinggi
Pada saat berada di daerah tinggi,semisal pegunungan atau menara.Juga saat terbang di dalam pesawat,terjadi kondisi telinga berdenging dan tidak dapat mendengar dengan baik.Itu karena saluran eustachius tidak dapat menjaga keseimbangan tekanan tubuh.Mengkonsumsi permen karet bisa membantu pencegahan sakit pada telinga.
4 Telinga membantu keseimbangan tubuh.
Bagian telinga yang melakukan peran ini adalah saluran setengah lingkaran.Yakni dengan mendeteksi gerakan memutar kepala,kepala tegak atau datar.Keseimbangan tersbut dikenal dengan keseimbangan rotasi atau keseimbangan gravitasi.
5. Penyebab rasa mual saat perjalanan
Disebabkan karena telinga yang berfungsi sebagai alat keseimbangan tubuh.Saat berkendara,di dalam kendaraan tubuh terus berguncang.Telinga berusaha menyeimbangkan tubuh.Sehingga memicu rasa mual.
6. Dapat tuli jika mendengar suara yang lebih dari 60 desibel
Tingkat kebisingan yang terlalu tinggi bisa membahayakan telinga.Seperti pengeras suara yang disetel terlalu keras,suara mesin pesawat,atau bom dengan daya ledak tinggi.
7 .Memiliki sistem pembersihan sendiri
Tanpa menggunakan alat,sebenarnya telinga manusia bisa mengeluarkan kotoran dengan sendirinya.Teinga menghasilkan zat lilin untuk melindungi telinga.Jika produksi zat lilin ini berlebihan,telinga akan membersihkannya.Zat ini dapat keluar dengan sendirinya dibantu silia yang ada di dalam telinga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Unik Telinga Manusia"

Post a Comment