Tips Agar Lolos USM PKN STAN 2018,Ready to be the Next Staners! - alfisbu.com

Tips Agar Lolos USM PKN STAN 2018,Ready to be the Next Staners!



Assalamualaikum kawan-kawan.

PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) PKN STAN atau USM yang merupakan singkatan dari Ujian Saringan Masuk.Untuk bisa masuk menjadi mahasiswa PKN STAN,tes inilah satu-satunya cara yang bisa ditempuh para pelajar untuk bisa menjadi mahasiswa PKN STAN.
Tes ini terdiri dari 3 tahapan,yakni :
1. Tes TPA dan TBI.
Dengan jumlah soal TPA sebnayak 120 soal dan soal TBI sebanyak 60 soal.Tes ini dilaksanakan selama 150 menit.Bertempat sesuai dengan daerah/region pendaftaran.
2. TKK (Tes Kesehatan dan Kebugaran).
Terdiri dari cek kesehatan oleh dokter/tenaga medis.Kemudian dilanjutkan dengan tes lari mengelilingi lapangan selama 12 menit.Lalu yang terakhir adalah shuttle run(lari membentuk angka 8)
3. TKD(Tes kemampuan Dasar) atau sekarang bernama SKD (Seleksi Kemampuan Dasar)
Terdiri dari 3 tipe soal yang dikerjakan secara CAT (Computer Assested Test).Jadi tes ini berbasis komputer,tidak menggunakan tes tertulis.Tipe-tipe soalnya yakni ada TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) seabnyak 35 soal,TIU (Tes Intelejensi Umum) sebanyak 30 soal,dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi ) sebanyak 35 soal.Tes ini dilakasakan selama 90 menit.

Tips..

Nah,untuk bisa melewati smeua tahapan tes masuk PKN STAN,maka diperlukan berbagai informasi untuk mulai mempersiapkan tes sejak dini.Persiapan yang baik tentunya bisa menjadi langkah awal untuk dapat melaksanakan tes dengan baik dan lancar. Karena tak jarang para pendaftar banyak yang berguguran karena minimnya persiapan dan informasi mengenai tesnya.Maka dari itu,saya akan berbagi tips menghadapi USM PKN STAN berdasar atas pengalaman saya pribadi.

1. TPA dan TBI
Di tes 1 ini,akan ada 2 tipe soal tes.Yakni TPA ( Tes Potensi Akademik) dan TBI (Tes Bahasa Inggris).Untuk TPA terdiri atas tes verbal,angka,logika,dan tes gambar yang mencakup materi bahasa Indonesia,matematika,dan soal bergambar.Untuk soal bahasa Indonesia sendiri,akan disajikan soal antonim,sinonim,padanan kata,dan pengelompokan kata.Untuk tipe soal tersebut,banyak-banyaklah untuk menghafal dan mengerjakan soal-soal tipe itu.Karena banyak sekali kosakata yang mungkin keluar dan mungkin akan terlalu luas cakupan hafalan materinya.Jadi,sebisa mungkin rajin-rajinlah membaca agar cakupan kosakatamu lebih luas.Kata-kata yang sangat jarang kita dengar akan sering muncul di tes ini.Misalnya seperti "borang",yang sama artinya dengan formulir.Dan jika kamu kesulitan,kamu bisa mengubah kata itu kedalam bahasa Inggris,lalu cari padananan/antonimnya.
Kemudian untuk soal teks,baca dulu soalnya baru membaca teksnya.Karena dengan terlebih dulu membaca soalnya,kamu bisa langsung mencari jawaban tanpa perlu melihat soal lagi.Istilah jawanya " mindon mbalaleni " :) .Berusahalah cermat dalam memilih jawaban karen tak jarang ada beberapa jawaban yang mirip.Carilah jawaban sesuai yang dimaksud soal.
Untuk soal hitung-hitungan,perbanyaklah latihan.Karena dengan banyka latihan,kalian bisa melakukan evaluasi dan mencari mana tipe soal yang sulit untuk kamu.Pelajarilah CARA CEPAT mengerjakan soal TPA.Banyak kok tutorial cara cepat mengerjakan soal USM di internet.Itu akan sangat berguna karena minimnya waktu tes.Dan sering kali soal yang terlihat rumit ternyata hanya perlu cara singkat dan sederhana untuk menjawabnya. Misal : 3x + 5y = 100,berapakah nilai 12x + 20 y? Kalian tinggal mengalikan semua bilangan dengan angka 4 .Karena 3x x 4 = 12 x dan 5y x 4 = 20y .Sehingga ketemu 12x + 2y = 400 .
Untuk soal gambar,kalian harus jeli dalam melihat setiap pola gambar.Carilah bagian mana yang posisi/warna/bentuknya diubah,lalu ikuti alur perubahan posisi/warna/bentuk.Cobalah untuk sabar dan konsentrasi agar perubahan posisi/warna/bentuk setiap bagian gambar dapat kamu temukan.Mulailah mengerjakan dari soal yang kamu anggap mudah dan bisa kamu kerjakan.Jangan berhenti di satu soal terlalu lama karena akan menita banyak waktu.Ingat lohwaktu terus berjalan dan akan terasa sangat cepat saat kamu tes.Carilah dan kuasailah cara cepat mengerjakan soal untuk menghemat waktu.Timing is everything...Jangan mengerjakan soal yang kamu anggap sulit dan tidak bisa dikerjakan.Kerjakanlah sebanyak mungkin soal yang kamu bisa dan jangan jawab soal yang kamu tidak tahu/bingungi.Karena ada nilai minus di tes ini.

2. TKK
Nah,di tes ini,fisik memegang peranan kunci.Jangan sampai kamu dalam kondisi kurang fit atau sakit saat menjalanakan tes ini.Jauh-jauh hari sebelum tes,usahakan makan makanan yang sehat dan bergizi.Minum susu,madu,makan buah dan sayur ,makanan sehat lainnya serta suplemen jika perlu.Rutinlah latihan lari mengitari lapangan,agar kamu bisa menentukan ritme lari yang pas agar tidak cepat lelah.Gunakan pula timer saat latihan agar kamu tahu berapa banyak putaran yang kamu dapat selama 12 menit.Jangan lupa untuk pemanasan terlebih dahulu dan jangan makan berat mendekati waktu lari.Untuk shuttle run,buatlah sendiri arena shuttle run-mu.Mudah kok bisa pakai tongkat,cone,dll.Jarak kira-kira 10 meter.Catat pula waktu shuttle run dengan timer.Untuk laki-laki usahakan jangan lebih ari 18 detik,dan perempuan 20 detik untuk 3 kali putaran bolak-balik.
Jangan tidur larut malam sebelum tes,untuk yang kurang darah bisa makan makanan penambah darah,dan untuk yang tekanan darah tinggi makan makanan penurun tekanan darah.Usahakan tetap rileks dan tenang dalam mejalani tes.

Tes Lari 12 menit

pictures from : Kaskus

3. TKD
TKD ini menurut saya adalah tes dengan cakupan materi paling luas dan cukup sulit untuk diantisipasi soal mana yang akan keluar.Karena soal ini sendiri berasal dari database BKN dengan jumlah yang sangatlah banyak.Usahakan menjawab semua soal karena TIDAK ADA NILAI MINUS di TKD.Hanya nilai 0 dan 5 untuk TWK & TIU serta nilai 1-5 untuk TKP.Jangan sampai menyesal karena tidak mengerjakan semua soal.
TWK (Tes Wawasan Kebangsaan),merupakan soal dengan materi terluas.Karena palajaran PKn,sejarah,dunia internasional,berita terkiniakan masuk dalam tes ini. Pelajarilah 3 pilar negara,hafalkan UUD 1945,nilai-nilai Pancasila,Tap MPR,sejarah Indonesia dan Internasional,geopolitik dunia,dan tak jarang soal bahasa Indonesia juga keluar.Seperti soal TKD-ku yang mana soal kop surat dinas pun keluar :( mana sedikit belajar di materi bahasa Indonesia lagi :( .
TIU (Tes Intelejensi Umum ),tipenya mirip soal TPA.JAdi perbanyaklah belajar dan mengerjakan soal seperti materi TPAmeskipun jumlah soal lebih sedikit dari TPA.Namun tingkat kesulitannya sedikit diatas TPA.
TKP(Tes Karakteristik Pribadi).Nah,untuk soal ini cara menjawabnya tergantung diri anda sendiri.Karena nanti akan disajikan soal dengan 5 jawaban A-E yang mana anda harus menjawab soal tersebut dan jawaban anda adalah respon diri anda terhadap permasalahan dalam soal tersebut.Masing-masing soal mengandung nilai 1-5.Jadi tidak ada nilai 0 atau minus.Bobot nilai berdasarkan kesesuaian jawaban dengan soal.Jadi pilihlah jawaban yang paling baik dan sesuai soal. Jangan pikirkan benar atau tidaknya yang penting jawaban yang paling baik dan paling sesuai dengan soal.
Minimal capailah ambang batas tiap tipe soal.Karena jika salah satu saja dari 3 tipe kamu dapat nilai di bawah ambang batas,maka kamu gagal di TKD.Sekalipun yang lain  mendapat nilai yang tinggi.
Passing Grade Tiap Tipe Tes di TKD



Nah itulah beberapa tips dari saya,dan di bawah ini akan saya tambahkan tips lagi di luar tiap tipe tes :
1. Rajinlah beribadah dan berdoa karena kepada siapa lagi kita memohon selain kepada Allah? Kelancaran,kesempatan,dan kesuksesan hanya berasal dari-Nya.
2. Mintalah doa pada orang tua.Terutama IBU.Karena restu Allah juga tergantung pada restu orang tua.
3. Ikutlah les jika memang punya biayanya.Jangan memaksakan jika memang biayanya kurang.Kasihan orang tua nanti.Belilah buku USM PKN STAN maupun buku TKD nya jika sudah lolos sampai tahap 3.Itu nanti akan berguna banget kok.
4. Bergabunglah dengan grup USM PKN STAN.Baik itu di Line,WhatsApp,Telegram,ataupun media lain.Karena apa? Akan banyak informasi,materi-materi,soal,tips&trik,dan banyak keuntungan lain jika kamu gabung grup-grup tersebut.Kamu bisa punya banyak teman seperjuangan dan kamu bisa saling solong-menolong dalam mempersiapkan USM PKN STAN.Tapi,jangan terlalu banyak ikut grup karena itu juga bisa mengganggu dan membuatmu tidak fokus.Gabunglah grup yang benar-benar aktif dan usakahan ada kakak tingkat/senior/tentornya.Jadi kamu bisa tanya langsung,dapat materi,soal,tips&trik dari ahlinya.
5. Ikutlah Try Out.Baik itu Online maupun tidak.Ikut Try Out penting agar kamu bisa megukur sampai mana kemampuanmu.Terkadang kamu bisa menjumpai soal yang belum pernah kamu temui dan bisa belajar lebih banyak lagi.Banyak kok TO gratis dari berbagai sumber.Biasanya OA-OA Line banyak yang mengadakan saat menjelang USM STAN. Ikutilah dan ukur sampai mana kemampuanmu.
6. Jika punya teman sekolah atau yang dekat dengan rumah,ajaklah belajar bersama.Kalian bisa saling sharing tentang tes STAN. Dan akan lebih semangat bila punya banyak teman yang berjuang bersama-sama :D
7. Isi data peserta dan periksalah kembali data yang kamu isi.Jangan sampai ada data yang salah.Karena akan fatal akibatnya.
8. Apapun hasilnya nanti,pasrahkan,tawakal kepada Allah.Kita yang merencanakan dan menjalanakan dan Allah nanti yang menentukan hasilnya.Jika lolos maka bersyukurlah kepada Allah dan berterimakasih kepada semua pihak yang membantumu.Terutama orang tu.Jikapun gagal,ambil hikmahnya.Toh banyak jalan menuju kesuksesan.Dan kamu pun masih berkesempatan ikut USM lagi selama masih dibawah batas umur.Kamu bisa mempelajari dimana kekuranganmu dan mempersiapkan yang lebih baik lagi agar bisa lolos.Jikapun bukan di PKN STAN jalanmu,masih banyak tempat lain untuk sukses.Jangan bersedih dan berkecil hati.Allah tidak suka jika hambanya malas dan berpangku tangan.Mungkin di tempat lain kamu bisa sukses yang bahkan bisa saja melebihi kesuksesan mereka yang masuk STAN.Banyak kan PTN/PTS yang menjanjikan dan berkualitas.Kamu bisa coba masuk di situ dan jadilah orang sukses seperti yang kamu inginkan :)

Sekian tips dari saya untuk menghadapi USM PKN STAN.Akan saya update lagi postingan ini jika memungkinkan.Saya menulis ini berdasar pengalaman saya.Jika ada kurangnya saya mohon maaf.Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Agar Lolos USM PKN STAN 2018,Ready to be the Next Staners!"

Post a Comment