5 Aplikasi untuk Melacak Laptop yang Hilang/Dicuri - alfisbu.com

5 Aplikasi untuk Melacak Laptop yang Hilang/Dicuri

Dengan perkembangan zaman semakin mengarah pada pemanfaatan teknologi dan informasi untuk semakin mempermudah kehidupan manusia.Dari yang dulu belum ada komputer,mesin ketik,kemudian muncul mesin penyandi seperti Enigma dalam Perang Dunia 2 , lalu mulai munculah zaman komputer berukuran raksasa,hingga saat ini terdapat komputer dengan berbagai macam bentuk yang menarik dan jauh lebih ringan daripada para pendahulunya.Contohnya ialah laptop yang merupakan komputer portable yang bisa kita bawa kemana-mana dengan mudah.Menawarkan fungsi dan fitur yang sama dengan komputer dekstop,namun dengan keunggulan mobilitasnya.

Dengan sifat mobilitasnya yang fleksibel tersebut,kita terkadang selalu membawanya kemanapun kita pergi.Tak jarang,hal buruk terjadi.Kadang kita lupa dimana kita menaruh laptop kita.Jika itu masih di dalam rumah,mungkin sebentar saja akan ketemu lagi.Namun,jika berada di luar rumah/ruangan,itu hal lain.Dan jika hanya tertinggal di suatu tempat,kita bisa mengambilnya lagi.Namun jika benar-benar hilang atau bahkan dicuri orang lain,kita harus segera melakukan tindakan pencegahan selain terus berusaha mencari.

Untuk mengatasi masalah tersebut,ini dia beberapa aplikasi yang dapat membantumu jika laptopmu hilang/dicuri :

1. LoJack for Laptop



Untuk latpop yang punya banyak dokumen penting di dalamnya,kamu bisa menggunakan aplikasi ini. LoJack for Laptop akan terkunci di BIOS setelah terisntall. Sistemnya akan menjaga semua dokumen dan file penting di laptopmu dengan aman saat ada pencuri yang ingin menghapus semua datamu.Selain menjaga data,layanan LoJack juga memiliki tim penyidik khusus untuk mengambil dan mengembalikan laptopmu yang dicuri.Jika laptopmu tidak kembali dalam 60 hari sejak hilangnya laptopmu,maka pihak LoJack akan membayar ganti rugi sebesar kira-kira Rp13 Juta. Dengan syarat harus membayar biaya langganan LoJAck for Laptop sekitar Rp198.000/bulan.

2. Find My Mac



Terkhusus untuk pengguna MacBook dari Apple,kamu bisa menggunakan fitur Find My Mac.Terkadang tiba-tiba MacBook-mu hilang atau dicuri,kamu bisa menggunakan aplikasi ini.Dengan menggunakan iCloud,MacBook-mu yang hilang/dicuri bisa dilacak dan bahkan kamu bisa menguncinya juga dengan aplikasi ini.

Baca juga : Cara Menemukan,Hapus Data Pribadi atau Mengunci Smartphone Android yang Hilang

3. Prey



Merupakan aplikasi pelacak laptop yang tersedia untuk Windows,Mac OS,Linux,dan beberapa sistem operasi lainnya.Cara menggunakannya adalah dengan menginstallnya di laptopmu dan kamu bisa mengecek laptopmu yang hilang/dicuri melalui websitenya.

4. LockItTight



Aplikasi ini sama dengan Prey,LockItTight berfungsi untuk melacak lokasi dan merekam aktifitas pencuri laptop menggunakan webcam.Bahkan kamu bisa mengambil screenshot tampilan laptop-mu yang dicuri.

5. Undercover



Aplikasi ini merupakan salah satu yang cukup populer di kalangan pengguna Mac.Undercover merupakan aplikasi yang berbayar.Namun tetap saja banyak digemari karena bukan hanya bisa melacak lokasi laptop,tapi juga merekam setiap aktifitas yang dilakukan oleh pencuri.


Itulah beberapa aplikasi yang dapat membantu saat kita kehilangan laptop.Semoga saja dapat benar-benar berfungsi sebagaimana mestinya.Sehingga laptop yang hilang dapat ditemukan dan kembali ke pemiliknya.Terimakasih telah membaca postingan ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Aplikasi untuk Melacak Laptop yang Hilang/Dicuri"

Post a Comment