Tutorial Install Ulang Windows 10 Dengan Flashdisk - alfisbu.com

Tutorial Install Ulang Windows 10 Dengan Flashdisk

Bosan dengan OS Windows yang itu-itu aja? PC mulai terasa lemot? Atau cuma mau coba OS Windows yang lain?
Tenang,saya akan  membagikan tutorial install ulang Windows.
Tapi ingat,sekedar catatan (( Jika kamu menghargai developer dan memang mampu untuk membeli OS original,maka belilah versi orinya )) oke :)
Kemudian,alat dan bahan yang kita butuhkan : 

      1. File ISO OS Windows
      2.Aplikasi buat bikin bootable ke flashdisk seperti Power ISO atau Rufus
      3. Flashdisk minimal 8 GB 

Langkah install ulang :

      1. Download ISO OS Windows sesuai keinginanmu
      2. Tancapkan flashdisk dan buat bootable dengan menggunakan Rufus/PowerISO
      3. Komputer akan booting melalui media booting windows 10,jika muncul perintah
          Press any key too boot from CD or DVD , tekan sembarang tombol.
     4. Pilih Indonesian (Indonesia) pada Time and currency format, untuk yang lainnya                            seperti Language to install dan Keyboard or input method biarkan default, tidak usah                      diganti. 
       
        5. Selanjutnya pilih install now

     
      6. Kemudian centang I accept the license terms, lalu pilih Next untuk melanjutkan. 

     7. Pada langkah berikut ini, silakan pilih Custom: Install Windows only (advanced).


    
     8. Misalkan anda ingin melakukan install ulang maupun upgrade/ downgrade dari sistem operasi windows lama anda ke windows 10, cukup delete Drive 0 Partition 2 (partisi C:) dan Drive 0 Partition 1 : System Reserved, nanti secara otomatis, kedua partisi yang anda hapus tersebut menjadi Unallocated Space (belum dipartisi).
Nah, selanjutnya silakan buat partisi baru lagi dan jadikan Drive 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasinya, lalu pilih Next untuk melanjutkan. Dengan begitu, data-data pada partisi lain tetap aman (tidak terhapus). Lebih jelasnya, simak gambar gif berikut ini (Jika anda menggunakan ponsel saat membaca tutorial ini, pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla agar gambar gif bergerak dengan sempurna):
Bagi anda yang ingin install ulang maupun upgrade/ downgrade dari sistem operasi windows lama anda ke windows 10, silakan lewati langkah nomor 7-11. Dan bagi anda yang HDDnya masih kosong, mulus atau yang belum pernah diinstall sistem operasi windows sebelumnya, silakan lewati langkah nomor 6 ini. 



     9. Seperti yang anda lihat pada gambar berikut bahwa ruang HDD masih kosong (Unallocated Space). Untuk itu, anda harus mempartisinya. Untuk jumlah partisinya, bisa 2 atau lebih, sesuai keinginan anda.



     10. Silakan pilih Drive 0 Unallocated Space > New, tentukan ukuran partisi tersebut, lalu pilih Apply. Ukurannya jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit juga. Misalkan ukuran HDD anda 320GB/ 500GB, beri ukuran 100GB saja sudah cukup, karena partisi yang pertama kali anda buat ini merupakan partisi system (partisi C:).



    11. Pilih OK untuk pembuatan system reserved partition.




   12. Silakan buat 1 atau lebih partisi lagi dengan cara yang sama seperti pada langkah nomor 10.



   13. Seperti yang kalian lihat pada gambar berikut ini, saya hanya membuat 2 partisi utama. Selanjutnya pilihlah Drive 0 Partition 2 untuk lokasi instalasinya (jangan ditempatkan dipartisi lain), lalu pilih Next.



    14. Proses instalasi sedang berjalan. Proses ini akan memakan waktu kurang lebih 30 menit. Jika nantinya komputer / laptop kalian akan restart sendiri berulang kali, jangan khawatir karena hal tersebut sebagian dari proses instalasi pada windows 10.


   15. Silakan masukkan product key windows 10 kalian, lalu klik tombol Next. Jika tidak memiliki product key silahkan pilih Do this later. Kalian dapat mengaktivasi windows 10 nanti.


   16. Selanjutnya pilih Use Express settings.



   17. Silakan masukkan nama komputer kalian dan juga password jika perlu (sebaiknya isi password supaya tidak sembarang orang bisa mengakses komputer / laptop Anda). Isikan kata atau kalimat yang dapat membantu kalian mengingat password dikolom Password hint.


   18. Kemudian,Windows akan menyiapkan komputer anda hingga siap digunakan.Tunggulah sebentar.Tidak lama kok.


    19. Nah,akhirnya instalasi selesai.Sekarang windows bisa digunakan dan enjoy it!


    
           

  



Note : Jika anda menghargai developer ( Microsoft ) dan memang mampu untuk membeli produk Windows Original, maka belilah versi Originalnya.Karena yang ori jauh lebih baik dari yang bajakan dan akan membuat anda bangga telah menggunakan produk ori dan mendukung developernya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Install Ulang Windows 10 Dengan Flashdisk"

Post a Comment