Cara Menemukan,Hapus Data Pribadi atau Mengunci Smartphone Android yang Hilang - alfisbu.com

Cara Menemukan,Hapus Data Pribadi atau Mengunci Smartphone Android yang Hilang

Smartphone adalah benda yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia saat ini.Kemanapun kita pergi,kapanpun waktunya,hampir selalu kita membawa ponsel.Kebutuhan untuk berkomunikasi,mencari informasi,media hiburan,dan masih banyak fungsi lain yang kita butuhkan dari smartphone kita.




Namun,apa yang terjadi jika suatu saat smartphne kita hilang/dicuri? Pastinya kita akan khawatir mengenai keberadaan dan data dalam smartphone kita.Kita tidak ingin data pribadi yang ada di smartphone kita disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung-jawab.Untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan data pribadi itu,akan saya berikan solusi untuk menanganinya.

Baca juga : 5 Aplikasi untuk Melacak Laptop yang Hilang/Dicuri 

Untuk menghapus konten,mengunci perangkat,dan menemukan perangkat yang hilang,Kita dapat melakukannya dengan fitur Find My Device yang berada di perangkat Android.Agar fitur tersebut dapat dijalankan,perangkat harus terus dalam keadaan hidup,akun Google Anda aktif,lokasi perangkat hidup,dan terhubung dengan jaringan internet.

Langka-langkanya yakni :
1. Pastikan semua aspek yang sudah dipaparkan diatas terpenuhi.
2. Masuk ke alamat android.com/find, lalu masukkan akun Google anda,kemudian pilih perangkat yang hilang.
3. Setelah memilih perangkat yang hilang, akan muncul pada peta di mana perangkat kita terakhir kali berada. Anda akan diberikan 3 pilihan fitur yang dapat Anda lakukan pada perangkat yang telah hilang, yaitu Sound, Lock, dan Erase.
Jika memilih Sound : perangkat akan membunyikan suara atau dering dengan volume penuh selama 5 menit. Suara atau dering tersebut tetap akan berbunyi meskipun perangkat Anda dalam posisi diam atau getar sekalipun.
Jika memilih Lock : Perangkat akan otomatis mengunci dengan PIN,kata sandi,atau pola.Kita juga dapat menambahkan pesan pemulihan atau nomor telepon tertentu pada layar perangkat yang terkunci.
Jika pilih Erase : semua data yang ada di perangkat akan dihapus secara permanen.Jangan gunakan pilihan ini kecuali jika memang benar-benar terpaksa.Pilihan ini memang merupakan pilihan teraman.Namun juga memiliki banyak resiko.Jika data yang tersimpan dalam perangkat belum terbackup atau bahkan sama sekali tidak pernah dilakukan backup data,maka data tersebut akan hilang selamanya.




Tindakan pencegahan memang lebih penting untuk dilakukan.Dengan mencegah faktor-faktor yang dapat menyebabkan hilangnya smartphone kita,seperti kecerobohan,tergesa-gesa,dan faktor lainnya,maka masalah hilangnya smartphone dapat diminimalisir.Belajar untuk tanggung jawab terhadap barang milik sendiri sejak dini akan menumbuhkan rasa sadar dan disiplin untuk selalu menjaga apa yang kita punya.Karena setelah benda itu hilang,maka akan sulit untuk menemukannya.Meskipun terkadang hilangnya barang milik kita dapat terjadi tanpa disengaja atau bahkan diduga-duga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menemukan,Hapus Data Pribadi atau Mengunci Smartphone Android yang Hilang"

Post a Comment