Inilah Fakta-Fakta Unik dari Bitcoin yang Fenomenal - alfisbu.com

Inilah Fakta-Fakta Unik dari Bitcoin yang Fenomenal


Tahukah kamu bahwa ada mata uang digital yang nilainya saat ini sangat fantastis?Mata uang ini memang masih jarang terdengar dan masih belum lazim digunakan,apalagi di Indonesia.Dan akhir-akhir ini kabar mengenai Bitcoin semakin berhembus kencang mengingat namanya yang asing yang tiba-tiba memiliki nilai tukar yang sangat menggiurkan.

Berikut fakta unik dari Bitcoin:

1. Tahukah kamu apa itu Bitcoin?

Bitcoin merupakan mata uang elektronik yang dapat kamu pakai untuk membayar transaksi di internet.Bitcoin tidak memiliki bentuk fisik seperti mata uang konvensional pada umuumnya.Bitcoin hanya dapat akmu temukan di internet.Belum ada peraturan mengenai Bitcoin hingga saat ini.Para pemakai Bitcoin dapat menggunakan Bitcoin tanpa takut adanya intervensi dari pemerintah dan bank.

2. Siapakah pembuatnya,masih menjadi misteri

Desas-desus mengenai siapa orang dibalik munculnya Bitcoin masih berupa tanda tanya.Belum diketahui secara pasti siapakah pencipta dari Bitcoin sejak munculnya Bitcoin untuk pertama kali pada tahun 2009.Berbagai sumber mengatakan bahwa pencipta Bitcoin adalah Satoshi Nakamoto yang berasal dari Jepang.Namun Satoshi tak pernah menampakkan dirinya di depan umum.Banyak teori muncul tentang siapakah Satoshi.Newsweeek pada tahun 2014 mempublikasikan artikel yang berisi pengakuan bahwa Satoshi telah ditemukan.Ia dinyatakan sebagai insinyur berusia 60 yang menganggur di Los Angeles.Hal itu tidak disetujui oleh para tokoh Bitcoin.Sumber lain mengatakan bahwa para komunitas Bitcoin meyakini bahwa pemilik akun Szabo lah sang Satoshi yang telah lama dicari.Ia adalah orang Amerika keturunan dari Hungaria.Namun hal itu dibantah oleh Szabo.

3. Ada banyak mata uang digitaltapi Bitcoin adalah yang pertama dan terbesa.
Dilansir dari data CoinMarket,terdapat sekitar 1.324 mata uang digital di dunia saat ini di dunia dengan total nilai kapitalisasi pasar sebesar USD 341 Miliar.

4.Berapakah nilai Bitcoin?
Di masa awal Bitcoin,nilainya hanya beberapa sen.Tetapi seiring waktu,nilainya semakin meningkat drastis.Hingga saat ininilai dari Bitcoin adalah US$ 11.000 atau setara dengan Rp 148.800.000(kurs Rp 13.533/US$).Meningkat lebih dari 10 kali lipat dari nilainya di awal tahun 2017.

5. Tempat Penyimpanan Bitcoin
Para pengguna Bitcin dapat menyimpan Bitcoin mereka melalui jasa Bitcoin Wallet dengan gratis yang tersedia di berbagai negara.Kamu pun juga bisa menyimpannya di perangkat kamu(komputer,ponsel,maupun perangkat lain).Akan tetapi,penyimpanan berbasis cloud akan menghadapi ancaman dari hacker dan hialngnya Bitcoin bagi yang menyimpan di perangkat mereka sendiri apabila perangkat mereka rusak,data terhapus,ataupun terserang virus.

6. Nilai Bitcoin tidak stabil
Dengan peningkatan nilai Bitcoin yang luar biasa di tahun ini,orang-orang kemungkinan akan menganggap bahwa nilainya dapat terus meningkat.Namun,sebenarnya nilai dari Bitcoin tidaklah stabil.Inilah alasan mengapa Bitcoin masih belum diterima di banyak tempat dan pelaku usaha karena nilai yang tidak stabil tersebut.Apalagi tidak ada pihak baik pemerintah maupun lembaga keuangan manapun yang mengatur dan mengelola Bitcoin.Harga Bitcoin juga dipengaruhi oleh adanya permintaan dan penawaran Bitcoin.

7. Cara mendapatkan Bitcoin
Bitcoin bisa didapat dengan menjual atau membelinya di Bitcoin Exchange.Transfer Bitcoin antara satu orang dengan orang juga bisa dilakukan dengan komputer ataupun aplikasi ponsel.Mirip dengan transfer uang secara digital.
Selain itu,dapat pula didapat dengan cara "menambang"(mining) Bitcoin menggunakan komputer dengan  mengolah algoritma yang rumit.

8. Masa depan Bitcoin
Masa depan Bitcoin cenderung terlihat kurang jelas mengingat belum adanya regulasi maupun pihak yang punya kontrol sah atas Bitcoin.Namun,banyak pemerintah berbagai negara mulai menargetkan Bitcoin untuk dijadikan objek pajak dan membuat regulasi mengenai Bitcoin.Dan juga harga yang cenderung tidak stabil akan menyulitkan Bitcoin untuk dijadikan alat transaksi yang umum digunakan.Meski beberapa pihak telah menyetujui penggunaan Bitcoin untuk transaksi di perusahaan mereka.

9. Bitcoin mempunyai jumlah yang terbatas.
Hanya ada 21 juta Bitcoin di dunia.Bitcoin-bitcoin tersebut telah diubah ke bentuk kode-kode algoritma pemrogaman dan diperkirakan akan habis pada tahun 2140.Hal ini juga yang menyebabkan harga Bitcoin yang tinggi karena jumlahnya yang terbatas. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Fakta-Fakta Unik dari Bitcoin yang Fenomenal"

Post a Comment