Lebih Baik Baterai Hp yang Mana,Removable atau Non-Removable? - alfisbu.com

Lebih Baik Baterai Hp yang Mana,Removable atau Non-Removable?



Dewasa ini,perkembangan baterai perangkat elektronik baik itu laptop,tablet,maupun hp berkembang cukup pesat.Ukuran kapasitas baterai semakin meningkat dan bervariasi.Jika dulu baterai dengan kapasitas 1000 mAh sudah bagus dan awet,maka kapasitas tersebut seakan tak berguna banyak untuk ukuran hp masa kini.Ponsel masa kini,membutuhkan kapasitas baterai yang lebih besar karena banyaknya fitur dan kebutuhan pengguna ponsel yang semakin banyak.Baterai ponsel saat ini kebanyakan akan dianggap awet apabila ukuran kapasitasnya lebih dari 3000 mAh! .Di bawah itu,pengguna akan sering komplain mengenai masalah baterai yang boros dan cepat habis sehingga pengguna ponsel dibuat cukup kesal karena harus sering-sering mengecas baterai mereka baik menggunaka powerbank maupun menggunakan charger mereka ke colokan listrik.

Pada umumnya,jenis baterai Litihium baik Lithium-Ion maupun Lithium-Polymer digunakan pada perangkat ponsel masa kini.Meninggalkan kebiasaan jaman dulu yang mana baterai menggunakan komponen NiCd(Nikel-Cadmium) yang butuh waktu cas lebih lama dibanding Lithium yang sudah mendukung fast charging.

Lalu,stetlah kemunculan baterai Lithium,maka jenis baterai yang juga mulai semakin populer digunakan para pabrikan ponsel adalah baterai non-removable.Sebelumnya,hampir semua ponsel menggunakan baterai removable yang bisa dengan mudah dicopot dan dipasang kembali.

Kemudian,apakah perbedaan baterai hp removable dan non-removable?Lebih baik baterai hp yang mana,removable atau non-removable?Akan dibahas di bawah ini :

Baterai hp removable

  • Kelebihan
  1. Dapat dilepas dan dipasang dengan mudah
           Bagi kamu yang punya baterai cadangan,maka kamu bisa mengganti baterai hp kamu sesuka hati dengan mudah.Terlebih bagi yang tidak memiliki atau tidak terlalu suka penggunaan powerbank,maka hal ini adalah pilihan yang baik.

      2. Solusi ketika hp nge-hang
Saat hp nge-hang ,opsi melepas baterai hp lalu memasang dan menghidupkan hp sering digunakan oleh para pengguna hp karena kemudahannya.

     3. Mudah mengganti baterai yang telah tua
Tak perlu ke service center,kita dapat mengganti baterai lama kita dengan baterai baru yang dapat kita pasang sendiri.

    4. Lebih aman dari kepanasan/tercebur ke air
Jika pada saat tertentu hp kepanasan atau masuk ke air,maka kita bisa dengan mudah mencopot baterai dan menyelamatkan hp kita.

    5. Meningkatkan harga jual kembali hp
Ponsel yang punya baterai removable memiliki harga jual kembali yang lebih tinggi karena biaya perawatan yang lebih murah.Tak perlu mengeluarkan biaya untuk perawatan baterai di service center.

  • Kekurangan
     1. Desain hp kurang eksotis dan kurang kokoh
Ponsel dengan baterai removable biasanya memliki desain yang kurang menarik dibanding ponsel dengan baterai non-removable.Lebih tebal dan lebih rawan saat jatuh karena struktur ponsel yang kurang kokoh.

     2. Life cycle lebih pendek
Tergantung dari jenis baterainya juga.
     
     3. Lebih rawan rusak
Karena desain yang kurang kokoh itu,saat hp jatuh maka baterai bisa copot dan mengakibatkan kerusakan.



Baterai hp non-removable
  • Kelebihan
      1. Desain lebih kompak dan eksotis
Dengan penggunaan baterai non-removable,maka kebutuhan ruang untuk baterai lebih sedikit sehingga ponsel lebih tipis dan lebih kompak sehingga meningkatkan kekokohan ponsel.

      2. Lebih aman
Ketika hp jatuh,maka kemiungkinan baterai akan copot tidak ada sehingga baterai akan lebih aman.

      3. Ketahanan baterai lebih teruji
Para vendor hp tidak akan memilih sembarang baterai non-removable karena pertimbangan bahwa baterai tidak bisa dilepas selain melalui service cebter.Maka baterai yang digunakan akan benar-benar teruji.

       4. Tak perlu kalibrasi dan pengukuran kapasitas baterai lebih akurat

  • Kekurangan
     1. Sulit untuk mengganti baterai
Untuk mengganti baterai,harus dibawa ke service center karena hanya vendor yang punya spare partnya.

     2. Biaya perawatan lebih mahal.
Karena hanya dapat diganti/diperbaiki di service center,maka kita harus mengeluarkan uang ekstra untuk biaya servicenya.

     3. Rentan saat overheat/tercebur ke air.
Jika baterai removable dapat dengan mudah dicopot saat overheat/tercebur ke air,maka hal itu tidak berlaku bagi baterai non-removable yang tidak bisa dicopot.Sehingga resiko rusak saat overheat/tercebur ke air lebih besar.

Dari paparan tersebut,dapat disimpulkan bahwa masing-masing jenis baterai punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.Semua pilihan tergantung pada diri sendiri baterai mana yang lebih baik dan tepat untuk digunakan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lebih Baik Baterai Hp yang Mana,Removable atau Non-Removable?"

Post a Comment