15 Fitur Tersembunyi Whatsapp Yang Mungkin Belum Kamu Pernah Ketahui - alfisbu.com

15 Fitur Tersembunyi Whatsapp Yang Mungkin Belum Kamu Pernah Ketahui

15 Fitur Tersembunyi Whatsapp Yang Mungkin Belum Anda Ketahui-Whatsapp merupakan aplikasi layanan chatting yang memiliki hingga 1 miliyar lebih pengguna aktif di seluruh dunia. Bahkan aplikasi ini mengalahkan aplikasi pesaingnya, yaitu BBM yang dulu sempat booming.

Tapi tahukah kamu, bahwa aplikasi yang satu ini ternyata memiliki banyak fitur-fitur tersembunyi yang bahkan belum anda ketahui sama sekali.

Kali ini admin akan membagikan trik tersebut kepada anda semua yang sudah saya rangkum 15 fitur whatsapp yang bahkan belum anda ketahui.


1. Memformat tulisan


Terkadang ketika kita mengirim pesan melalui Whatsapp, ada beberapa teks yang ingin kita tekankan kepada si pembaca bahwa bacaan tersebut penting tetapi kita tidak tahu bagaimana cara membuat teks tersebut terksesan penting.

Di whatsapp anda bisa memformat teks atau frasa tersebut. Apabila anda ingin menebalkan huruf, anda bisa menggunakan tanda (*) di antara teks yang ingin ditebalkan, contohnya *Teks ini tebal*, untuk membuat teks miring, anda bisa menggunakan tanda underscore (_), contohnya _Teks miring_ dan anda bisa menggunakan tanda (~) untuk mecoret teks.

2.       Menghilangkan tanda centang biru



Pesan yang dikirimkan lewat whatsapp, biasanya akan memberikan indikasi berupa tanda centang, apabila tanda centang pada pesan yang anda kirimkan berwarna biru, itu artinya pesan tersebut sudah dibaca oleh si penerima pesan tersebut.

Apabila anda ingin menghilangkan tanda centang biru tersebut, anda bisa menuju ke menuSetelan, kemudian akun lalu Privasi, setelah itu hapus centang Laporan dibaca.


3. Menyembunyikan foto profil


Salah satu fitur tersembunyi dari whatsapp yakni, menyembunyikan foto profil. Anda mungkin tidak ingin semua orang melihat foto profil anda karena mungkin anda merasa kurang nyaman, atau ingin terlihat kesan misterius, hehehe.

Untuk menyembunyikan foto profil anda, anda bisa pergi ke Setelan lalu Akun kemudian Privasi, lalu pada menu foto profil, anda bisa memilih beberapa opsi, salah satunya yaitu Tidak ada, yang artinya tidak seorang pun bisa melihat foto profil anda, kecuali anda sendiri.

4. Bisukan notifikasi obrolan


Terkadang, apabila anda tergabung dalam suatu grup, biasanya banyak sekali notifikasi pesan-pesan yang masuk di grup tersebut, baik itu berupa informasi, pesan biasa, maupun spam. Tentu hal tersebut sangat menggangu aktivitas anda khususnya ketika anda sedang bekerja.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, whatsapp memiliki fitur khusus yaitu bisukan notifikasi. Untuk menerapkannya, anda bisa memilih grup yang ingin di-bisukan, lalu plih ikon speaker di bagian atas, setelah itu muncul beberapa opsi untuk mem-bisukan notifikasi.

5. Membuat shortcut obrolan


Salah satu fitur tersembunyi whatsapp yakni anda dapat membuat shortcut obrolan di layar utama anda yang dimana, anda tidak perlu lagi membuka aplikasi whatsapp dari awal dan mencari percakapan yang anda inginkan.

Jika anda ingin menggunakan fitur tersebut, anda bisa memilih percakapan yang ingin ditambahkan ke layar utama, lalu pilih ikon 3 titik di atas, kemudian pilih Tambah pintasan chat.

6. Mengetahui lokasi anda


Di whatsapp, anda bisa mengirimkan lokasi dimana anda berada kepada siapapun melalui fitur Lokasi yang terdapat di whatsapp.
Untuk menggunakannya, anda perlu mengaktifkan fitu GPS pada perangkat anda, lalu pilih menu Lokasi pada halaman percakapan anda.

7. Mengirim pesan dengan suara


Apabila anda sudah malas mengetik pesan, anda bisa mengirimkan pesan suara melalui fitur yang tersedia di halaman percakapan.

8. Menghentikan download otomatis


Tahukah kamu, bahwa aplikasi whatsapp ternyata salah satu aplikasi yang termasuk boros kuota lho. Biasanya kuota internet yang tersedot bersumber dari adanya gambar, video dan audio yang anda download ataupun upload.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa pergi ke menu setelan lalu pilih penggunaan data dan penyimpanan, pada opsi Saat menggunakan data seluler hapus semua centang yang ada dan lakukan hal yang sama pada opsi Saat tersambung Wi-Fi.

9. Membuat pesan broadcasting / siaran


Mungkin kita semua tahu bahwa pesan siaran biasanya terdapat pada aplikasi BBM. Namun ternyata Whatsapp juga punya fitur tersebut lho. Bagi yang belum tahu pesan siaran. Pesan siaran sendiri adalah sebuah pesan khusus yang dimana biasanya berisi tentang informasi-informasi penting yang ingin disampaikan kepada semua orang.

Untuk membuat pesan siaran, pilih ikon 3 titik di atas bar navigasi whatsapp, lalu pilih Siaran Baru.

10. Bookmark pesan penting


Terkadang ada beberapa pesan penting yang teman anda sampaikan kepada anda, dan tentu anda tidak ingin melewatkan begitu saja pesan tersebut, ya kan ?

Di whatsapp anda bisa menandai pesan tersebut atau biasa disebut bookmark dengan cara, tap agak lama pada pesan tersebut, lalu pilih ikon bintang di atas bar navigasi.

11. Backup obrolan


Apabila anda tidak ingin obrolan yang ada di whatsapp hilang begitu saja, anda bisa mem-backup obrolan tersebut melalui fitur yang tersedia di whatsapp.

Yaitu dengan cara pergi ke menu setelan, Chatting, kemudian pilih menu Cadangan Chat, lalu pilih tombol Cadangkan.

12. Mention teman anda


Sama seperti layanan Facebook, di Whatsapp anda bisa menandai teman anda dalam sebuah percakapan. Untuk menandai-nya anda cukup ketik @ lalu diikuti nama teman anda, contohnya, @pengguna.

13. Membalas pesan yang tertinggal di grup


Salah satu fitur yang dimiliki oleh Whatsapp yakni, membalas sebuah pesan. Terkadang dalam sebuah grup ada banyak pesan yang disampaikan dalam grup tersebut sehingga terkadang kita bingung terhadap siapa orang tersebut bertanya dan menjawab.

Apabila anda ingin membalas pesan tersebut, anda bisa menekan pesan agak lama, lalu pilih ikon arah panah kiri untuk membalas pesan tersebut.

14. Memblokir kontak


Apabila anda ingin menghapus salah satu atau beberapa kontak yang ada di Whatsapp, anda bisa mem-blokir kontak yang anda inginkan, yaitu dengan cara, pilih kontak yang ingin di-blokir, kemudian pilih menu Blokir yang berwarna merah pada profil kontak anda.


15. Melakukan Video Call 


Baru-baru ini Whatsapp telah merilis fitur baru, yakni adanya video call bagi pengguna-nya. Untuk menggunakan fitur tersebut, anda bisa pilih tab panggilan, lalu pilih tombol panggilan baru, ketuk ikon kamera untuk melakukan Video Call.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 Fitur Tersembunyi Whatsapp Yang Mungkin Belum Kamu Pernah Ketahui"

Post a Comment