5 Tips Strategi SEO yang Telah Terbukti yang Bisa Kamu Coba di Tahun 2018 - alfisbu.com

5 Tips Strategi SEO yang Telah Terbukti yang Bisa Kamu Coba di Tahun 2018



SEO luar biasa, bukan? Kebanyakan orang tidak memahami pentingnya memiliki strategi SEO untuk meningkatkan lalu lintas atau penjualan situs web mereka.

Jika Anda juga salah satunya, Anda perlu strategi SEO yang efektif untuk membangun situs web dengan lalu lintas tinggi karena lalu lintas mesin telusur adalah sumber lalu lintas paling berharga yang dapat meningkatkan penjualan dan konversi Anda.

Berikut adalah 5 strategi SEO yang terbukti dan paling efektif untuk blogger yang ingin mendapatkan peringkat yang lebih baik dari mesin pencari seperti Google.

Strategi SEO yang terbukti untuk dicoba di 2018

# 1. Riset kata kunci untuk SEO

Keberhasilan SEO situs web Anda bergantung pada riset kata kunci Anda. Sebagian besar blogger berjuang untuk meningkatkan lalu lintas organik situs web mereka karena mereka tidak melakukan penelitian kata kunci yang tepat.

Jika Anda juga salah satunya, mulailah berfokus untuk menemukan kata kunci yang lebih baik dan lalu lintas Anda tidak akan pernah sama. Yang sedang berkata, di sini ada beberapa yang perlu diingat ketika melakukan penelitian kata kunci untuk SEO.

Long tail keywords (Kata kunci ekor panjang) adalah potensi emas.

Sebagian besar blogger pemula tidak menyadari pentingnya kata kunci ekor panjang. Apakah Anda tahu atau tidak, Long tail keywords berkontribusi hingga 70% dari permintaan pencarian.


Jadi jika Anda ingin peringkat yang lebih baik dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas dari mesin pencari ke situs Anda, mulailah berfokus pada pencarian long tail keywords.

Anda dapat menggunakan alat seperti SEMrush, Ahrefs dll untuk dengan mudah menemukan satu ton kata kunci panjang yang menguntungkan dan rendah volume tidak peduli apa industri Anda berada. Pastikan untuk memilih kata kunci dengan volume pencarian kurang (pencarian bulanan di bawah 1000) untuk menjadi lebih baik peringkat pencarian di Google.

Temukan dan gunakan kata kunci LSI


Google menyukai kata kunci LSI (Latent Semantic Index) yang merupakan kata kunci yang identik dengan kata kunci utama yang ingin Anda beri peringkat.

Kata kunci LSI membantu Anda dengan mudah mengoptimalkan konten Anda tanpa memasukkan kata kunci yang sama lagi dan lagi. Anda dapat menggunakan alat seperti LSI Graph, KWFinder dll untuk menemukan kata kunci LSI di setiap ceruk.

Anda juga dapat menggunakan "penelusuran terkait" di Google untuk mencari kata kunci LSI dengan mudah.

Pertimbangkan maksud pencarian


Saat melakukan penelitian kata kunci, penting bagi semua orang untuk fokus dan mempertimbangkan "maksud pencarian". Maksud pencarian semuanya berhubungan dengan "niat pencari".

Kenapa mereka mencari? Apa maksud di balik penelusuran tersebut?


Setelah Anda mengetahui target audiens pulsa dan maksud pencarian Anda, Anda dapat dengan mudah memilih kata kunci berkinerja lebih baik yang tidak hanya membawa Anda lebih banyak lalu lintas tetapi juga penjualan dan konversi ke situs web Anda.

# 2. Memikirkan kembali strategi pemasaran konten Anda

Lewatlah sudah hari di mana Anda bisa mendapatkan hasil halaman pertama dengan membuat artikel 500 kata. Google semakin pintar dan lebih baik setiap hari dan memberi imbalan situs dengan konten dalam bentuk panjang.

Faktanya, rata-rata panjang konten dari 10 hasil pencarian adalah sekitar 2000 kata.

Brian Dean juga menyimpulkan hal yang sama bahwa, panjang rata-rata konten Anda secara langsung memengaruhi peringkat mesin pencari Anda.

Jadi jika Anda masih membuat 500 hingga 1000 artikel word dan mengharapkan hasil yang bagus dari Google, Anda akan kecewa. Baca di sini untuk analisis rinci tentang berapa lama posting blog Anda seharusnya.

Saya tidak mengatakan bahwa Anda harus membuat 2000+ artikel dalam bentuk panjang setiap saat tetapi pastikan untuk membuat artikel terperinci terutama jika Anda ingin memberi peringkat untuk kata kunci yang populer dan kompetitif.

Dikatakan demikian, berikut ini ada beberapa kiat cepat bagi Anda untuk membuat konten berformat panjang dengan mudah.


  • Penelitian adalah kuncinya. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk meneliti topik, genre, referensi untuk artikel Anda, semakin mudah Anda dapat membuat posting blog besar-besaran. Selalu pastikan untuk melalui semua hasil 10 teratas di pencarian Google untuk kata kunci atau topik yang Anda inginkan.
  • Outlining adalah segalanya. Ketika datang untuk menciptakan konten bermanfaat dalam bentuk panjang, pastikan untuk membuat garis besar secara cerdik. Anda dapat menggunakan Google Documents untuk memecah konten dengan mudah menjadi beberapa bagian terpisah dengan subpos sehingga Anda akan lebih mudah membuat entri blog yang lebih panjang.
  • Biasakan menulis setiap hari. Semakin banyak Anda menulis, semakin mudah bagi Anda untuk membuat artikel besar. Itu sesederhana itu.
  • Ciptakan strategi media sosial yang solid: Media sosial harus menjadi bagian penting dari strategi SEO off-page Anda dan Anda harus memastikan Anda memiliki rencana media sosial yang kuat untuk membangun komunitas berikut dan aktif merek Anda.


# 3. Penelitian pesaing adalah kuncinya

Salah satu cara termudah untuk menang di SEO adalah menganalisis situs web pesaing Anda. Pertama, buat daftar semua situs web pesaing penting sehingga Anda dapat mulai menganalisisnya untuk hasil yang lebih baik dalam hal lalu lintas dan penjualan.

Analisis pesaing memungkinkan Anda untuk mencari tahu semuanya dari riset kata kunci hingga analisis backlink ke strategi pemasaran konten yang digunakan pesaing Anda untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Jadi, jika Anda memutuskan untuk melakukan riset menyeluruh terhadap pesaing Anda, pastikan untuk menganalisis hal-hal berikut.


  • Cari tahu kata kunci berkinerja terbaik mereka: Ketika Anda melakukan analisis pesaing, Anda harus mulai dengan riset kata kunci. Cari tahu kata kunci apa yang menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke situs web pesaing Anda sehingga Anda juga dapat mengulang hal yang sama dengan blog Anda dengan mencakup topik serupa atau ide kata kunci.
  • Cari tahu sumber tautan balik pesaing Anda: Jika Anda ingin meningkatkan peringkat pencarian dengan cepat, Anda perlu menarik sebanyak mungkin backlink berkualitas karena Google memberikan prioritas utama ke halaman dengan lebih banyak tautan. Cara terbaik untuk menarik lebih banyak tautan adalah dengan menganalisis sumber tautan balik pesaing Anda sehingga Anda dapat menggunakan taktik seperti penjangkauan blogger, tautan tautan yang rusak, dll untuk mendapatkan tautan ke situs Anda sendiri.
  • Analisis strategi pemasaran konten mereka: Seberapa sering pesaing Anda mempublikasikan konten baru di situs mereka? Berapa lama konten mereka? Berapa banyak komentar, saham atau tweet yang mereka dapatkan? Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda dapat dengan mudah mengembangkan atau mengubah strategi pemasaran konten Anda sendiri yang mendorong Anda mendapatkan hasil yang lebih baik.
  • Cari celah konten: Manfaat terbesar dari melakukan riset pesaing adalah memberi Anda ide konten serta kesenjangan konten yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan konten situs web Anda secara strategis.
  • Untuk semua hal di atas, Anda dapat menggunakan alat seperti Ahrefs, SEMRush dll jadi pertimbangkan untuk menginvestasikan uang Anda pada alat SEO premium ini jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih baik.


# 4. Jangan lupa pentingnya pengoptimalan halaman

Pada halaman optimasi adalah suatu keharusan dan mengacu pada semua hal yang dapat Anda lakukan untuk situs web Anda untuk peringkat lebih tinggi dan lebih tinggi dalam pencarian Google untuk berbagai kata kunci yang Anda ingin peringkat untuk.

Pada halaman SEO hanya datang setelah riset kata kunci. Jadi pastikan untuk mengetahui kata kunci primer dan sekunder Anda untuk benar mengoptimalkan konten Anda untuk berbagai kata kunci.

Dikatakan demikian, Anda tidak perlu memasukkan kata kunci Anda ke kiri dan kanan pada halaman web Anda (yang disebut kata kunci barang dan Anda harus menghindarinya dengan segala cara) untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik.

Berikut adalah beberapa tempat di mana Anda dapat memasukkan kata kunci utama Anda untuk lebih baik pada pengoptimalan halaman.


  • Heading
  • Judul halaman
  • URL
  • Deskripsi meta
  • Pengoptimalan gambar

Selain dari tempat-tempat di atas, Anda juga dapat memasukkan kata kunci utama Anda di sana-sini dalam artikel Anda (kebanyakan di awal dan akhir konten) untuk lebih mengoptimalkan mesin pencari seperti Google. Pastikan saja untuk TIDAK memasukkan kata kunci utama Anda dengan sengaja dan biarkan mereka mengalir secara alami dalam konten Anda.

Tip cepat: Jika Anda menggunakan WordPress, pastikan untuk menginstal WordPress SEO dengan plugin Yoast yang gratis untuk membantu Anda dengan mudah mengoptimalkan konten Anda untuk kata kunci tertentu.

# 5. Audit situs web sangat penting

Last but not least: Anda perlu mencari alasan mengapa situs web Anda tidak mendapatkan hasil yang pantas. Itu berarti, Anda perlu mencari dan memperbaiki semua masalah terkait teknis situs web untuk mulai mendapatkan peringkat pencarian yang lebih baik.

Berikut adalah beberapa alasan penting mengapa setiap situs web membutuhkan audit.

  • Anda dapat memeriksa kesehatan situs web Anda dan mencari tahu semua masalah yang dimilikinya (memperbaiki dan mendapatkan hasil yang lebih baik)
  • Anda dapat mengetahui apakah situs web Anda memiliki penalti atau serangan negatif (sehingga Anda dapat bertindak cepat untuk memperbaiki hukuman situs web Anda)
  • Anda dapat membandingkan di mana situs web Anda berdiri melawan persaingan (dan juga memberi Anda banyak ide untuk meningkatkan peringkat Anda)

Jadi bagaimana Anda dapat melakukan audit situs secara rutin?


Anda dapat menggunakan alat seperti SEMrush jika Anda ingin menganalisis kinerja situs web Anda dengan hati-hati di mesin telusur dan itu juga memberi Anda skor kesehatan situs web secara keseluruhan bersama dengan daftar semua masalah yang dimiliki situs Anda.

Anda juga dapat menggunakan alat audit SEO gratis seperti Seoptimer, The Hoth, dll untuk menemukan masalah umum yang dimiliki situs web Anda dengan mudah.

Singkatnya, audit SEO membantu Anda dengan mudah menemukan semua masalah situs web termasuk tag judul yang hilang, tag alt gambar, deskripsi panjang, tautan yang rusak, dll sehingga Anda bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik dengan memperbaikinya.


Kesimpulan tentang strategi SEO terbaik untuk blogger

Membuat dan mengembangkan strategi SEO adalah suatu keharusan bagi setiap blogger yang ingin membangun situs web online yang menguntungkan. Jika Anda adalah seseorang yang ingin maju dalam industri Anda, Anda harus fokus untuk menjadi lebih baik di SEO.

Kuncinya di sini adalah untuk menguji semuanya dan tetap berpegang pada strategi SEO terbaik yang bekerja dengan baik untuk situs web dan audiens Anda. Jadi apa yang Anda pikirkan? Apakah Anda memiliki strategi SEO? Bagikan pemikiran Anda di komentar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Strategi SEO yang Telah Terbukti yang Bisa Kamu Coba di Tahun 2018"

Post a Comment