8 Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone agar Awet Seharian - alfisbu.com

8 Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone agar Awet Seharian

Pentingnya Penggunaan Baterai


Kita semua tahu, komponen smartphone/hp yang paling penting dan merupakan unsur integral yang tidak bisa dipisahkan adalah baterai. Tak seperti laptop yang mana tanpa menggunakan baterai kita masih bisa menggunakan laptop meski harus terus tercolok listrik secara konstan. Belum ada hingga kini smartphone yang dapat digunakan tanpa menggunakan baterai alias tercolok langsung ke listrik.

Semakin hari memang ukuran kapasitas baterai handhone relatif terus meningkat semakin besar. Namun, peningkatan itu juga diiringi dengan semakin besarnya kebutuhan akan konsumsi daya di baterai dengan beragamnya aplikasi yang dijalankan.

hemat baterai saat bermain pubg
Untuk bisa menggunakan handphone dalam waktu yang selama mungkin, tentu saja anda tidak bisa melakukannya tanpa manajemen penggunaan baterai handphone yang baik. Inginnya baterai awet hingga 12 jam namun malah bermain game seperti Mobile Legends, Fortnite atau PUBG berjam-jam. Yang ada baterai sobat langsung habis dan akhirnya lagi-lagi harus dicharge.

Satu langkah yang sering dilakukan untuk menghemat baterai smartphone adalah dengan mematikan hp-nya. Tentu ini memang efektif untuk menghemat baterai, namun membuat anda tidak bisa menggunakan hp sobat. Daripada menghidup-matikan handphone, lebih baik sobat gunakan tips dan trik berikut agar bisa menghemat baterai sobat hingga berjam-jam.

Cara Menghemat Baterai Handphone 


1. Matikan aplikasi yang tidak dipakai/ tidak penting

Pengguna smartphone kadang secara tidak sadar menggunakan beberapa aplikasi namun tidak menonaktifkannya ketika sudah tak terpakai. Aplikasi yang berjalan tanpa anda gunakan itu tetap akan mengonsumsi baterai untuk memperbarui pemberitahuannya. 

Langkah yang dapat sobat lakukan adalah dengan menonaktifkan atau paksa berhenti aplikasi yang tidak gunakan tersebut. Caranya mudah, tinggal masuk ke pengaturan > aplikasi > lalu pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan > pilih force stop atau paksa berhenti

2. Hindari penggunaan live wallpaper
Tak sedikit orang yang tertarik menggunakan live wallpaper untuk mempercantik tampilan smartphone. Namun, live wallpaper sebenarnya cukup menguras daya baterai.

Ada baiknya, jangan gunaka live wallpaper apalagi saat daya baterai tinggal sedikit. Gunakan saja wallpaper biasa yang tidak bergerak atau yang berwarna gelap. Hal itu bisa membantu sobat menghemat baterai smartphone sobat.

3. Kurangi pencahayaan layar HP

Aturlah tingkat pencahayaan layar yang sesuai dengan kondisi lingkungan aktual. Jika di siang hari saat di luar ruangan, sobat bisa saja meningkatkan pencahayaan bila layar handphone masih tidak terlihat jelas.

Namun, di saat malam hari atau kondisi lingkungan gelap, ada baiknya sobat kurangi pencahayaan hp. Intensitas pencahayaan yang tinggi akan dapat menguras banyak daya baterai sehingga boros daya dan baterai cepat habis.

4. Kondisi susah sinyal

Saat berada di daerah yang susah sinyal, ada baiknya sobat matikan handphone sobat jika ingin menghemat baterai. Karena handphone akan bekerja lebih keras untuk mendapatkan sinyal. Alhasil dibutuhkan pula konsumsi baterai yang besar. Setelah berada di daerah yang lebih baik infrastrukturnya, sobat bisa nyalakan lagi handphone sobat.

5. Gunakan wifi

Saat anda sedang nongkrong atau sedang berada dikampus yang terjangkau oleh wifi ada baiknya anda gunakan wifi saja dalam melakukan aktifitas didunia maya, hal ini karena bersosial media didunia maya atau internetan menggunakan paket data lebih menguras baterai anda dibandingan berinternet dengan menggunakan wifi.

6. Gunakan mode hemat daya

Dalam smartphone ada fitur mode hemat daya ultra, mode ini memungkinkan untuk membatasi penggunaan aplikasi, mematikan mode Bluetooth dan wifi dan juga bebrapa fungsi laiinya yang manfaatnya bisa untuk mengehemat baterai smartphone anda agar bisa bertahan lama.

7. Hindari browsing video

Saat smarthone anda dalam kondisi baterai yang minim, ada baiknya anda untuk tidak melihat video baik itu di youtube atauun di instagram, karena menonton video merupakan salah satu faktor yang mengkonsumsi data dan daya baterai anda dengan cepat, jika anda berniat untuk menghemat baterai androin anda, sebaiknya menonton video bisa anda tunda dulu.

8. Hindari main game

Terkadang ada diantara kita yang hobi bermain game hingga lupa kalau baterainya hampir habis, ketika anda ingin menghemat baterai, hobi anda bermain gam harus dihentikan dulu, karena game merupakan salah satu faktor yang akan menguras baterai anda dengan sant cepat, faktor gambar bergerak, cahaya, dan paket data ketika anda bermain game online adalah masalah yang bisa membuat baterai cepat habis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Tips Cara Menghemat Baterai Smartphone agar Awet Seharian"

Post a Comment