Cara Mengatasi Masalah Blog Diindeks, Meski Diblokir oleh robots.txt - alfisbu.com

Cara Mengatasi Masalah Blog Diindeks, Meski Diblokir oleh robots.txt

Beberapa waktu lalu, admin berhasil mendapatkan hadiah giveaway berupa domain gratis selama setahun. Karena senang sekali, langsung saja admin minta domain .com. Nah, karena sebelumnya belum pernah tahu gimana sih ngubah domain, ane tanya-tanya terus sama si pemberi hadiah.

Ane tanya sama dia, "Apa saja sih yang perlu dilakuin setelah ganti domain?". Dia bilang aku perlu untuk submit lagi ke google webmaster dan kaitkan ke google analytics. Kemudian aku submit sitemap dari blogku.

Nah, beberapa hari kemudian, Google mulai mengindeks lagi tuh sitemapku. Kemudian masalah muncul setelah mulai banyak yang diindeks oleh Google. Saat aku buka halaman webmaster-ku, muncul pesan pemberitahuan. Dalam pesan itu tertulis :

Yth. pemilik http://www.alfisbu.com/,
Search Console telah mengidentifikasi bahwa situs Anda terpengaruh oleh 1 masalah baru terkait Cakupan indeks. Artinya, Cakupan indeks dapat terkena dampak negatif di hasil Google Penelusuran. Sebaiknya Anda meninjau dan mempertimbangkan untuk memperbaiki masalah ini.

Masalah baru ditemukan:

Diindeks, meski diblokir oleh robots.txt

Sebagai seorang newbie, admin otomatis langsung bingung dan panik. Kemudian aku coba utak-atik Google Webmaster-ku untuk mencoba memperbaiki. Selang beberapa hari kemudian, muncul pesan lagi yang mana isinya sama dengan pesan pemberitahuan masalah sebelumnya. Intinya ada masalah Diindeks, meski diblokir oleh robots.txt .
Setelah aku mencari-cari di google, akhirnya ketemu cara mengatasi masalah indeks dan robot.txt ini. Begini solusi yang saya dapat dari Forum Bantuan Webmaster Google:

Ternyata, solusi dari masalah ini adalah kita tidak perlu panik. Tak perlu kita utak-atik webmaster atau di tempat lainnya. Masalah ini bukan masalah yang besar dan tidak terlalu berdampak apa-apa bagi blog kita. Contoh URL yang diblokir dari perayapan itu adalah halaman hasil pencarian (search) di situs Anda, yang mana itu memang sebaiknya tidak perlu dirayapi.
Pengaturan robots.txt situs Anda sudah benar, itu adalah robots.txt default dari Blogger. Jadi kamu sebagai pemilik web tidak perlu memperbaiki apapun.

Kesimpulannya, jika kamu mengakses Google Search Console-mu dan mendapati ada pesan yang tertulis seperti masalah yang kita bahas ini, maka tidak perlu khawatir dan panik. Cukup abaikan saja karena tidak membawa dampak dan kamu bisa fokus kembali untuk ngembangin web kamu.

Cukup sekian postingan kali ini semoga bisa bermanfaat dan menyelesaikan masalah yang para pembaca alami. Selamat ber-blogging ria..

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Mengatasi Masalah Blog Diindeks, Meski Diblokir oleh robots.txt"

Kuhaku Soft said...

terima kasih, terbantu dengan artikelnya

Purnama said...

Terima kasih untuk penjelasannya. Saya juga mengalami masalah yang sama dan juga sempat panik. Namun, setelah membaca penjelasan dari postingan di atas saya sedikit lega, ternyata masalah tersebut tidak berdampak untuk blog kita.

Post a Comment