Cara Mengetahui Ciri Cartridge Printer Canon yang Rusak - alfisbu.com

Cara Mengetahui Ciri Cartridge Printer Canon yang Rusak

Printer saat ini merupakan sutu unsur komplemen atau pelengkap bagi adanya laptop atau komputer. Fungsinya untuk mencetak data dari komputer ke media kertas amat dibutuhkan terutama bagi mereka yang menjadi pelajar, mahasiswa, sampai para pekerja dan masyarakat umum.
Dari berbagai komponen printer, cartrige merupakan komponen utamanya. Jika cartridge rusak maka fungsi dari printer sobat pasti akan terganggu. Maka dari itulah harga cartridge pun lumayan mahal bahkan mungkin separuh dari harga printer itu sendiri. 
Para pengguna printer pasti tak asing lagi dengan masalah cartridge printer yang rusak. Memang tak selamanya cartridge akan selalu berfungsi dengan baik tanpa kendala. Akan tiba masa tak ada suara.. eh cartridge rusak maksudnya. Penyebabnya cukup banyak seperti terlalu sering digunakan, penyumbatan tinta kering, kurang perawatan, dll. Berbagai merk printer tentu tak akan luput dari masalah ini termasuk printer merk Canon.
Baca juga : Cara Mengatasi Aplikasi Printer HP 2130/2135 Series Tidak Bisa Dibuka

Tak dapat dipungkiri, Canon merupakan salah satu merk printer yangpaling banyak digunakan. Nah, jika kamu punya printer Canon, ada baiknya kamu memperhatikan ciri-ciri cartridge printermu untuk mengetahui kondisi cartridgenya. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?
Jangan sampai kamu hanya mengira-ngira dan ceroboh dalam mengatasi gangguan atau masalah pada printer Canonmu. Inginnya masalah cepat selesai dengan praktis, malah akanmenimbulkan bencana yang lebih besar. Maka dari itu, di artikel ini saya akan membahas ciri-ciri cartridge printer canon rusak yang dapat sobat ketahui dengan mudah.

1. Kualitas Hasil Print Kurang Bagus
Jika saat anda melakukan print out terlihat hasil cetakan buram, bergaris atau terputus-putus, maka ini bisa jadi salah satu indikasi bahwa cartridge mengalami gangguan. Tinta yang kering atau adanya kotoran dalam cartridge bisa menghalangi keluarnya tinta sehingga hasil cetakan tidak norma bisa menjadi penyebabnya. Hal ini memang sering terjadi, anda tidak perlu langsung membongkar printer untuk mengatasi masalah tersebut, cukup lakukan head cleaning pada sofware maksimal 3 kali. Setelah itu cobalah lakukan test print lagi. Jika hasil telah normal, maka ini hanya masalah ringan yang terjadi.

2. Hasil Print Berwarna Kurang Optimal
Pada printer Canon, cartridge biasanya terdiri dari 2 buah yaitu cartridge untuk tinta hitam dan warna, jika saat mencetak hasil yang memerlukan warna selain hitam dan terlihat hasil tidak normal, maka ini menandakan cartridge warna bermasalah. Frekuensi penggunaan cartridge warna memang lebih jarang dibanding warna hitam, akibatnya dapat menyebabkan tinta dapat mengering. Cartridge warna terdiri dari 3 warna yaitu biru, merah dan kuning. Solusi yang dapat sobat lakukan terlebih dahulu untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengubah settingan ke High Quality.

3. Cartridge Tidak Terdeteksi
Printer yang sudah lama tidak digunakan tak hanya menyebabkan tinta kering, tetapi juga cartridge yang tidak terdeksi. Jika hal itu terjadi, maka kemungkinan besar cartridge printer Canon sobat rusak. Cara mengatasinya bisa dengan merendam bagian head cartridge terlebih dahulu menggunakan air hangat atau head cleaner dalam waktu sehari, kemudian lakukan isi ulang dan test print, apabila masalah belum terselesaikan, maka langkah terakhir adalah mengganti cartridge sobat dengan yang baru.

Sekian postingan mengenai cara mengetahui ciri cartridge printer canon yang rusak. Semoga bisa bermanfaat dan membantu menyelesaikan masalah sobat semua dengan printer Canonmu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengetahui Ciri Cartridge Printer Canon yang Rusak "

Post a Comment