6 SEO Tools Riset Kata Kunci (Keyword) Terbaik dan Gratis Alternatif Google Trends - alfisbu.com

6 SEO Tools Riset Kata Kunci (Keyword) Terbaik dan Gratis Alternatif Google Trends

Salah satu kunci sukses SEO adalah dengan menggunakan long tail keyword, yaitu kata kunci yang diturunkan dari kata kunci utama yang Anda targetkan. Bahkan dengan penggunaan long tail keyword dapat menyebabkan persaingan SEO menjadi lebih mudah. Namun dalam menentukannya, Anda perlu melakukan riset keyword terlebih dahulu agar long tail keyword yang digunakan bernilai tinggi.
Meskipun long tail keyword tidak memberikan jumlah trafik yang berarti, tapi kualitasnya sangat baik. Para pembaca yang mengunjungi website Anda memang sedang membutuhkan informasi yang sangat spesifik. Oleh karena itu mereka menggunakan keyword yang lebih panjang ketika melakukan browsing hingga akhirnya bisa mengunjungi website Anda.  

1. Google Keyword Planner

Google memiliki beberapa SEO tools gratis yang bisa digunakan untuk melakukan riset keyword. Salah satu tool pada Google Adwords yang diberi nama Google Keyword Planner bisa menjadi pilihan untuk menentukan long tail keyword, terutama bagi Anda yang terlibat dalam campaign Adwords.
Ketika Anda memasukkan satu atau beberapa keyword, dan bahkan memasukan sebuah halaman website maka Google Keyword Planner akan memberikan beberapa keyword yang relevan lengkap dengan simple metricberisi data statistik dan performa dari keyword yang ditampilkan.
keyword-planner
Via Jimdo


2. Keywordtool.io

Keywordtool.io bisa menjadi alternatif SEO tools gratis tapi masih belum sempurna. Jika Anda sedang mencari beberapa saran long tail keywordsesuai dengan keyword yang sedang Anda pikirkan sekarang, maka Keywordtool.io bisa menjadi sangat bermanfaat.Tools ini akan menyarankan beberapa keyword seusai dengan apa yang sedang Anda pikirkan.
keyword-tool-io
Via Truongmarketing

3. Google Analytics

Google Analytics mampu memberikan data SEO secara lengkap yang akan membantu Anda dalam memahami pengunjung website dan bagaimana cara mereka berinteraksi dengan website milik Anda. Bisa dibilang bahwa tidak ada SEO tools terbaik lainnya yang mampu menyediakan data selengkap Google Analytics.
google analytics
Via Atmire

4. Bing Webmaster Tools

Banyak orang yang melewatkan Bing Webmaster Tools (BWT) dalam meningkatkan SEO website mereka. Padahal Bing Webmaster Tools sangat bagus untuk mengetahui performa website Anda dalam search engine Bing. Selain itu Bing Webmaster juga akan menunjukkan jumlah click websiteberdasarkan search query yang bersumber dari Bing, insights into crawlingindexationon-page keyword optimization dan elemen lainnya yang akan berakibat baik terhadap performa website di Google
search-keywords-bing-webmaster-tools
Via Reliablesoft

5. Google Search Console

Google Search Console dulunya dikenal sebagai Google Webmaster Tools. Sama seperti BWT milik Bing, tools ini juga mampu menyajikan data yang sama namun untuk search engine Google. Namun jika Anda menggunakan Google Search Console dan Bing Webmaster Tools sekaligus maka performa pada search engine Google dan Bing menjadi sangat baik.
searchconsole
Via Matthewbarby

6. Moz

SEO tools gratis yang terakhir adalah Moz. Namun Moz sangat cocok digunakan untuk melakukan inbound marketing dan tampilan yang dimiliki pun sangat user-friendly. Ada beberapa fitur gratis dari Moz yang mungkin sangat bermanfaat bagi Anda seperti Open Site ExplorerFollowerwonkMoz LocalMozbar dan The SERP Overlay.
Keyword-Difficulty-SERP-Analysis-organic-juice
Via Jimdo

Beberapa SEO tools gratis di atas memang dapat membantu Anda melakukan riset keyword yang bernilai tinggi. Namun tidak bisa digunakan untuk mengetahui jumlah pencarian terhadap suatu keyword atau cost-per-click (CPC). Selain menggunakan tools gratis di atas, Anda juga bisa memakai jasa SEO di Sribulancer.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 SEO Tools Riset Kata Kunci (Keyword) Terbaik dan Gratis Alternatif Google Trends"

Post a Comment