Cara Ampuh Mengetahui Artikel Dicopas atau Original dengan Mudah - alfisbu.com

Cara Ampuh Mengetahui Artikel Dicopas atau Original dengan Mudah

Menulis artikel merupakan kegiatan yang bisa dibilang susah susah gampang. Mengapa demikian? Kita tentu tahu bahwa untuk mulia menulis sebuah artikel kita memerlukan ide atau gagasan untuk mulai membangun struktur demi struktur artikel yang kita buat. Namun, menemukan ide untuk membuat artikel original kadang tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada kalanya kita menemui jalan buntu dan akhirnya tergoda untuk copas (copy paste) artikel orang lain. Padahal hal tersebut sangat tidak dianjurkan dan membawa banyak dampak negatif.

Nah, di sisi lain saat kita sudah membuat artikel original buatan sendiri, tak jarang orang lain juga tergoda mencopas artikel kita. Anda pasti tak senang kan jika artikel yang sudah susah payah kita buat "dicuri" begitu saja oleh orang lain? Maka dari itu kita harus tahu apakah artikel kita dicopas oleh orang lain atau tidak.

Ada beberapa cara ampuh untuk mengetahui artikel hasil copas atau original. Tak perlu tool-tool ribet untuk melakukannya karena caranya sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya :

Cara Mengetahui Artikel Copas atau Original dengan Plagiarism Checker

Ada beberapa website yang menawarkan layanan plagiarism checker yang bisa kita temui di internet. Beberapa diantaranya adalah copyscape, smallseotools plagiarism checker, grammarly plagiarism, dan masih banyak lagi.

Kita bisa menggunakan berbagai layanan tersebut untuk mengecek apakah artikel dicopas atau original. Namun dari beberapa nama tersebut, smallseotools plagiarism checker merupakan yang paling ampuh dan tentunya gratis. 


Untuk bisa menggunakan smallseotools plagiarism checker tersebut, yang perlu kalian lakukan adalah :

1. Akses Google lalu lakukan pencarian smallseotools plagiarism checker atau langsung akses webnya di sini
2. Copy artikel yang hendak kamu cek
3. Pada kolom yang tersedia, paste artikel yang hendak kamu cek apakah dicopas atau original. Selain itu, kamu juga bisa memasukkan file dokumen artikelmu dengan upload filenya dari Dropbox, Google Drive, atau dari penyimpanan perangkatmu.


4. Setelah sudah, lakukan pengecekan dengan klik tombol Check Plagiarism yang berada di bawah.

5. Tunggu hingga proses pengecekan selesai
6. Setelah selesai kamu akan disuguhkan dengan hasil pengecekan berupa berapa persentase tulisan yang dicopas atau original

7. Untuk mengecek siapa saja yang menulis artikel/tulisan yang sama, klik tombol Compare berwarna merah.

8. Setelah itu kita akan di bawa ke halaman penelusuran Google. Dan kita bisa lihat web mana saja yang menulis tulisan yang sama( baca : copas). Terlihat di gambar bahwa tulisan yang dibold tersebut ditemukan di blog alfisbu.com yang mana blog saya sendiri. Dan tidak ada blog lain yang menuliskan tulisan yang sama.

Cara Cek Artikel Dicopas atau Tidak dengan Google Penelusuran

Sebenarnya langkah-langkahnya hampir sama saat kita menggunakan smallseotools plagiarism checker. Namun kali ini menggunakan Google penelusuran dan jauh lebih mudah.

1. Copy tulisan yang hendak kamu cek. Cukup satu atau beberapa kalimat saja
2. Buka Google penelusuran lalu paste tulisan kamu tadi ke kolom pencarian
3. Klik cari
4. Maka akan terlihat hasil penelusurannya, dimana saja tulisan yang kamu buat bisa ditemukan.
Dari gambar tersebut terlihat bahwa tulisan tersebut bisa ditemukan di alfisbu.com yang berada di peringkat pertama dan merupakan hasil tulisan saya sendiri beberapa tahun yang lalu.

Baca juga Game Stronghold Crusader untuk kamu yang ingin main game RTS tema medieval dan Perang Salib.

Demikian artikel mengenai Cara Ampuh Mengetahui Artikel Dicopas atau Original dengan Mudah. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa like serta tinggalkan komentar tentang hasilnya di kolom komentar ya...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Ampuh Mengetahui Artikel Dicopas atau Original dengan Mudah"

Post a Comment