Cara Mengatasi dan Mengembalikan Akun Instagram yang Dihack oleh Orang Lain - alfisbu.com

Cara Mengatasi dan Mengembalikan Akun Instagram yang Dihack oleh Orang Lain


Instagram menjelma menjadi sebuah platform bagi banyak orang di seluruh dunia sebagai primadona untuk mempublikasikan foto-foto mereka untuk mendapatkan banyak likes, comments, dan akhirnya kepopuleran. Bukan hanya untuk keperluan pribadi saja, sering kali Instagram menajdi ladang mencari uang bagi beberapa orang seperti penjual produk maupun seorang selebgram.

Dengan banyaknya pengguna, kerentanan pun muncul pada platform Instagram. Tak sedikit orang yang akun Instagramnya dihack oleh orang lain yang tidak bertanggungjawab. Akun yang dihack pun menjadi diluar kendali kita. Si pembajak bisa mengupload foto-foto tidak senonoh, barang-barang berbahaya maupun menggunakannya untuk kepentingan jahatnya yang lain.

Tak hanya para selebgram atau artis terkenal saja yang rentan, melainkan orang biasa pun juga akun instagramnya rentan dibajak orang lain. Langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghindari akun dibajak orang lain adalah sepert jangan mengisi form sembarangan di Internet yang meminta kamu memasukkan nama akun dan password IG kamu, usahakan jangan login akun Instagramnya di tempat yang ramai karena mungkin akan ada yang mengintip hp kamu, dll. Selain itu pun orang-orang dengan skill hacking tinggi bisa ngehack akunmu dengan mudah.

Namun, apabila akun IG-mu telah dihack oleh orang lain, maka jangan khawatir, tenangkan dirimu terlebih dahulu. Dengan ketenangan kamu bisa berpikir jernih dan meminimalisir masalah lain yang mungkin bisa bertambah. Adapun langkah-langkah mengembalikan akun Instagram yang dihack orang lain :

Hal pertama yang harus dilakukan yakni mengembalikan terlebih dahulu akun yang terkena banned kemudian melaporkan pembajakan  oleh pihak yang tidak bertanggung jawab kepada pihak Instagram agar akun IG-mu bisa segera dipulihkan kembali.

Cara Mengembalikan Akun Instagram Yang Di Banned 



1. Buka aplikasi Instagram, lalu masukkan username dan password dari akun Instagram yang telah dibanned tadi, selanjutnya akan muncul notifikasi pemberitahuan bahwa

“Akun anda telah dinonaktifkan karena melanggar ketentuan kami. Pelajari cara Anda dapat memulihkan akun instagram”

Kemudian pilih opsi "Selanjutnya".

2. Jika anda telah memasuki halaman “Pelajari Akun Selengkapnya“ anda akan melihat link berupa hubungi kami.

3. selanjutnya anda akan masuk pada halaman

“Akun Instagram Saya Telah Diaktifkan”

kemudian terdapat berupa pertanyaan dari pihak instagram Apakah akun ini digunakan untuk mewakili bisnis, produk atau layanan?

kemudian anda jawab Tidak dengan mencentang jawaban tersebut dan selanjutnya tekan Kirim.

4. Selanjutnya isikan formulir lengkap menggunakan akun email yang digunakan pada akun instagram.

5. Sekarang tinggal anda mengecek kotak masuk email yang anda gunakan untuk melakukan pengajuan banding, dan dimana isi dari email tersebut

“Akun Instagram Saya Telah Diaktifkan Kembali”.

6. Selanjutnya anda tinggal mengaktifasi instagram dengan membalas pesan email dari Instagram.

7. Selesai.

Cara Mengembalikan Akun Instagram Yang Di Hack 



1. Buka bantuan instagram lalu pilih "Privacy & Safety".

Jadi, kalau akun Instagram anda ke hack maka jangan ragu untuk meminta bantuan via bantuan instagram

lalu pilih menu Privacy & Safety (privasi & keamanan)➡️ Report Something (laporkan sesuatu) ➡️ Hacked Account (akun retas) ➡️ I Think my account has been hacked (saya fikir akun saya telah terlepas) ➡️ Report it to us (laporkan ini)

Setelah itu, akan ada beberapa pertanyaan yang muncul dan anda perlu mengisinya dengan benar dan sejelas mungkin

2. Sama seperti langkah pertama, tapi pilih menu "Impersonation Account".

Langkah-langkahnya hampir sama kok seperti di atas, hanya saja pilih menu Impersonation Account untuk melaporkan bahwa akun anda diambil alih sama orang lain.

Perlu diingat, untuk melaporkan akun anda yang kena hack pakai cara ini maka anda wajib mengisi form yang sudah disediakan Instagram dengan email lengkap yang anda gunakan untuk mendaftar awal ke Instagram.

Selain itu, pastikan sekarang akun Instagram anda sudah berganti nama atau tidak. Kalau berganti nama, maka anda wajib memasukkan nama yang sekarang digunakan akun anda agar pihak Instagram bisa dengan mudah membantu mengembalikannya.

3. Jika sudah berhasil lapor, maka akun Instagram anda akan hilang

Gak usah panik, itu memang langkah dari pihak Instagram untuk memastikan bahwa memang ada tindakan pembobolan terhadap akun anda. Anda gak bakal bisa mencari nama akunmu di kolom pencarian dan saat kamu mengetik nama akunmu maka akan muncul "user not found".

Ingat, saat nama akunmu gak bisa ditemukan jangan coba-coba mendaftar lagi di Instagram dengan nama akun yang sama. Soalnya, itu malah bisa bikin pihak Instagram bingung dan malah bikin kamu seakan-akan jadi pihak yang meng-hack akunmu.

4. Cek inbox email sesering mungkin

Pasca laporan, cek deh email anda Apa ada pesan masuk dari pihak Instagram terkait laporan anda. Kalau memang ada email masuk dari Instagram terkait langkah yang perlu kamu lakukan terkait pengembalian akunmu, maka segera ikuti.

Biasanya, pihak Instagram akan meminta anda untuk melakukan instruksi sebagai berikut: tulis tangan nama akun dan nama lengkap serta kode rahasia dari Instagram di kertas putih. Kemudian foto wajahmu dan kertas putih itu untuk memverifikasi bahwa kamu memang pemilik asli akun.

Usahakan, baik posisi atau wajah sesuai dengan salah satu foto yang pernah kamu upload di Instagram atau minimal mirip dengan foto profilmu.

5. Instagram juga akan mengirim email terkait form yang perlu anda isi (lagi) untuk mengembalikan akunmu

Jadi, setelah mengirim balasan email terkait verifikasi data dan dirimu maka pihak Instagram sekali lagi akan mengirimi anda dengan form yang perlu diisi dengan data diri terutama foto atau KTP.

Balas dan isi email satu ini dengan sejelas-jelasnya ya guys! Jangan sampai ada informasi penting atau kolom isian yang gak terisi.

6. Jika sudah melakukan langkah-langkah di atas, bersabarlah menunggu balasan pihak Instagram.

Ya, biasanya sekitar 4 sampai dengan 7 hari pihak Instagram baru akan membalas dan mengembalikan akun jadi milik anda lagi. Tandanya kalau akun anda sudah kembali adalah munculnya username anda di kolom Pencarian.

Ikuti langkah pemulihan akun anda sesuai dengan email balasan terakhir dari pihak Instagram dan akun Instagram anda telah siap digunakan lagi.

Bagaimana, cukup mudah bukan langkah-langkah mengembalikan akun Instagram yang dihack. Tak perlu membuat akun baru lagi jika kamu masih bisa mengembalikan akunmu yang lama. Kamu bisa mencoba langkah-langkah diatas dan jika masih gagal maka solusi terakhir adalah mengikhlaskan akunmu dan buat akun IG baru.

Demikia artikel mengenai Cara Mengatasi dan Mengembalikan Akun Instagram yang Dihack oleh Orang Lain. Semoga bisa berhasil mengatasi masalahmu. Jangan lupa untuk share dan tinggalkan komentarmu ya..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi dan Mengembalikan Akun Instagram yang Dihack oleh Orang Lain"

Post a Comment