Cara Mengecilkan Ukuran File Dokumen PDF Online & Offline 100% Work - alfisbu.com

Cara Mengecilkan Ukuran File Dokumen PDF Online & Offline 100% Work

Pernahkah kalian merasa bingung bagaimana caranya untuk mengirim/mengupload file pdf namun ukurannya terlampau besar? Hal ini tidak akan menjadi kendala bila punya koneksi yang cepat dan tak terbatas serta tak ada batasan kuota besar file. Namun akan menjadi sebuah kesulitan tersendiri apabila koneksi lambat dan ada batasan ukuran file.

Namun jangan khawatir, ada banyak tools baik onfline maupun online yang bisa kamu gunakan untuk kompres ukuran file pdfmu sehingga bisa dikirim melalui e-mail dan sebagainya. Beberap tools tersebut diantaranya Microsoft Word, Adobe Acrobat XI Pro, dan beberapa tool online maupun offline lain.

Selanjutnya, akan saya jelaskan langkah demi langkah mengecilkan ukuran file pdf. Saya akan menjelaskan caranya satu persatu dengan tools yang ada. Agar hasilnya maksimal, bacalah dengan seksama dan ikutilah sesuai langkah yang ada. Dan jangan lupa untuk mengecek file yang telah dikompres/dikecilkan jikalau ada masalah pada kualitas dokumen pasca dikecilkan ukurannya. 


1. Menggunakan Aplikasi ORPALIS PDF Reducer

ORPALIS PDF merupakan aplikasi kompresi file PDF yang cukup simpel dan mudah digunakan. Aplikasi ini memang dikhususkan untuk mengkompres file PDF. Berikut langkah-langkah kompres file PDF dengan ORPALIS PDF Reducer :

1. Download aplikasi ORPALIS PDF Reducer di sini


alfisbu cara compress file pdf
2. Anda terlebih dahulu harus mengisi data diri untuk menggunakan aplikasi ORPALIS PDF. Jika telah terisi semua, lalu pilih Submit dan software akan terdownload secara otomatis.
alfisbu cara compress file pdf
3. Jika telah terdownload, install aplikasi seperti biasanya.
4. Selanjutnya buka aplikasi tersebut. Pada kolom Source, klik tombol "…" untuk memilih file PDF yang akan anda kompres. lalu pada kolom Destination, klik juga tombol "…" untuk menentukan lokasi penyimpanan file PDF yang telah dikompres. Jika sudah pilih Start batch untuk memulai proses compressing file PDF.

alfisbu cara compress file pdf


5. Waktu untuk proses kompresi tergantung pada ukuran file PDF. Saat file PDF telah selesai dikompres, maka akan muncul notif "Process completed".

alfisbu cara compress file pdf


2. Menggunakan Aplikasi Free PDF Compressor

Ada pula software Free PDF Compressor yang bisa anda gunakan untuk memperkecil ukuran file PDF. Namun hanya satu file untuk tiap sekali proses kompresi.

Ada 5 rasio kompres yang ditawarkan oleh aplikasi ini, yaitu Screen, eBook, Printer, Prepress, dan Default. Kualitas dan ukuran file yang dihasilkan pun bervariasi dan mode Screen akan menghasilkan ukuran file paling kecil dengan kualitas paling rendah pula. Berikut rinciannya :


Screen - low resolution, screen-view-only quality, 72 dpi images
eBook - medium resolution, low quality, 150 dpi images
Printer - high quality, 300 dpi images
Prepress - high quality, color preserving, 300 dpi images
Default - a wide variety of uses, possibly larger output file

alfisbu cara compress file pdf


Langkah-langkah untuk menggunakan software ini yakni :
1. Donwload aplikasinya lewat web berikut : freepdfcompressor.com
2. Setelah terdownload lalu install aplikasinya seperti biasa.
3. Buka apliksai Free PDF Compressor lalu klik tombol Browse untuk memilih file yang akan dikompres. Kamu juga bisa menentukan lokasi penyimpanan file yang telah dikompres nantinya dengan klik tombol Save As
4. Untuk memulai proses compressing klik tombol Compress
5. Tunggu hingga proses selesai dan nantinya kamu akan mendapati ukuran file PDF mu menjadi lebih kecil dari sebelumnya.

3. Menggunakan Tool PDF Compressor Online

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan tool online yang sudah banyak tersedia di internet. Salah satu tool online yang cukup bagus untuk mengkompres file PDF adalah iLovePDF.

Untuk keperluan editing file PDF, tool online ini cukup lengkap, mulai dari mengkompres file PDF, convert file PDF ke format lain (JPG or Word), menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu dan lain sebagainya. Baiklah, simak cara kompres file PDF menggunakan tool online iLovePDF dibawah ini:

1. Buka situs web iLovePDF dengan mengunjungi link berikut. Kemudian klik tombol Select PDF file untuk mengupload file PDF yang akan anda kompres.


alfisbu cara compress file pdf


2. Selanjutnya akan terdapat 3 opsi level kompresi file yang bisa anda pilih. Yaitu Extreme Compression (hasil kompres maksimal, kualitas file PDF menurun), Recommended Compression (hasil dan kualitas file PDF seimbang) dan Less Compression (hasil kompres paling minimal, kualitas file PDF tetap tinggi). Opsi terbaik yang bisa anda pilih adalah opsi defaultnya yakni Recommended Compression, lalu klik tombol COMPRESS PDF untuk memulai pengompresan file.


alfisbu cara compress file pdf


3. Kini tinggal menunggu pemrosesan file PDF selesai. Lama tidaknya waktu yang dibutuhkan sebanding dengan besarnya file yang dikompres. Semakin besar file PDF maka semakin lama waktunya dan juga sesuai level kompresi yang anda pilih.


alfisbu cara compress file pdf


4. Saat proses kompresi telah selesai, maka file PDF hasil kompresi akan terdownload otomatis. Jika tidak terdownload otomatis, maka anda bisa mengklik tombol Download Compressed PDF untuk mendownload file PDF-nya.


alfisbu cara compress file pdf


4. Menggunakan Software Microsoft Office-Word (2013 - keatas) untuk Mengurangi Ukuran File PDF

Untuk bisa menggunakan fitur ini, diperlukan program Microsoft Office-Word 2013 dan versi diatasnya. Langkah-langkahnya :

1. Jalankan aplikasi Microsoft Office-Word 2013/diatasnya.
2. Buka dokumen PDF yang hendak anda kompres. Pilih format PDF file di pengaturan pencarian dokumen. Sebagai informasi, jika membuka file PDF dengan Microsoft Office maka file-nya akan otomatis berubah menjadi word terlebih dahulu. Jika ada pop up/notifikasi demikian, klik ok. Jika file terbuka pada mode protected view, maka pilih "enable editing", dokumen akan diconvert lagi ke mode enable editing agar anda bisa melakukan "save as" dokumen nantinya.
alfisbu cara compress file pdf

alfisbu cara compress file pdf

3. Setelah dokumen PDF terbuka, selanjutnya klik menu Save As dengan cara klik menu File --> Save As.

4. Pada opsi Save as type pilih : PDF (.pdf) dan Optimize for : Minimum size (publishing online) lalu klik tombol Save untuk menyimpan.

alfisbu cara compress file pdf

5. Menggunakan Adobe Acrobat XI PRO

Bagi anda yang ingin mencoba cara lain mengkompres file PDF, maka alternatif selanjutnya adalah menggunakan aplikasi Adobe Acrobat XI PRO. Berikut caranya :

alfisbu cara compress file pdf

1. Jalankan aplikasi Adobe Acrobat XI PRO lalu buka file PDF yang akan dikompres.
2. Lalu pilih menu File --> Save As Other --> Reduced Size PDF
3. Pada menu selanjutnya Make compatible with : Retain existing lalu klik OK
4. Langkah terakhir save file dengan nama baru.

Demikian artikel mengenai Cara Mengecilkan Ukuran File Dokumen PDF Online & Offline 100% Work.  Semoga bisa membantu mengatasi masalah anda dalam memperkecil ukuran file PDF agar nantinya bisa diupload untuk melancarkan urusan anda. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengecilkan Ukuran File Dokumen PDF Online & Offline 100% Work"

Post a Comment