Mengapa Aplikasi Youtube Error Video Tidak Bisa Dibuka dan Cara Mengatasinya di Android - alfisbu.com

Mengapa Aplikasi Youtube Error Video Tidak Bisa Dibuka dan Cara Mengatasinya di Android

alfisbu youtube error tidak bisa dibuka

Youtube Error Tidak Bisa Dibuka - Tahukah kamu, Youtube merupakan anak perusahaan Google yang diakuisisi pada tahun 2006 lalu dengan nilai US$ 1,65 miliar. Youtube memberikan layanan berupa konten-konten video yang bisa diakses dan ditonton dimanapun dan kapanpun baik melalui komputer(pc/laptop), smartphone (Android&iOS), ataupun tablet, asalkan ada koneksi internet. Kita bisa juga menonton video secara offline setelah mendownload video tersebut.

Video-video yang tersedia di Youtube bisa berupa apa saja baik video clip musik, film, trailer film, animasi, jelajah kuliner, live streaming, video kreasi sendiri dari uploader, dan masih banyak lagi. Youtube buka hanya menjadi tempat mencari hiburan digital semata, namun kini juga menjelma menjadi ladang penghasilan bagi beberapa orang yang biasa disebut Youtuber. Lihat saja beberapa Youtuber terkenal seperti Ria Ricis, Atta Halilintar, Jess No Limit, Raditya Dika, Reza Oktavian (rapyourbae), Bayu Skak, dan masih banyak lagi. Mereka bisa menghasilkan uang jutaan bahkan miliaran rupiah dengan channel Youtube mereka.

Meskipun demikian, bukan berarti Youtube memiliki akses tanpa permasalahan. Kadang kala Video Youtube Error Tidak Bisa Dibuka. Bahkan, bukan hanya videonya saja yang bisa bermasalah, layanan Youtube itu sendiri bisa saja tak bisa terbuka, video blank, force closestopped working, dan error yang lain

Baca juga : Apa Itu Kuota VideoMax dan Cara Menggunakan Kuota VideoMax yang Benar

Apabila kamu menjumpai masalah Youtube error tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya, yang pertama kalian lakukan adalah tetap tenang. Segala permasalahan bisa diselesaikan dengan efektif dan efisien jika bisa berpikir jernih dalam ketenangan. Langkah selanjutnya sebenarnya sudah kalian mulai sejak pertama kali membaca artikel ini. Karena artikel ini akan membahas mengapa video Youtube error tidak bisa dibuka dan cara mengatasinya di Android.

alfisbu youtube error tidak bsia dibuka

Mengapa Aplikasi dan Video Youtube Mengalami Error di Android?

Sebenarnya ini masalah klasik dan lumrah terjadi pada semua barang buatan manusia. Karena dari si pembuatnya sendiri (read : manusia) memang tidaklah sempurna dan tempatnya salah, apalagi jika laki-laki, eh. 

Beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa aplikasi dan video Youtube mengalami error adalah sebagai berikut :
1. Sedang ada maintenance/perbaikan
Hal ini beberapa kali terjadi dimana saat mengakses Youtube tak ada tampilan apapun dan hanya halaman kosong semata dan disertai tulisan seperti Terjadi Kesalahan, Error 404, Error 503, dan Error 500 Internal Server Error yang baru saja terjadi bulan Oktober lalu, serta berbagai error lainnya sehingga situs Youtube jadi "down".

2. Tidak pernah membersihkan aplikasi Youtube
Yang dimaksud jarang dibersihkan yaitu cache. Segala riwayat/history tentang pencarian, komentar, share, like dan upload video yang dilakukan di aplikasi youtube semakin bertambah dan menumpuk. DAmpaknya yakni jikamelakukan tap pada drawer, ia tidak mau terbuka lalu muncul pesan error "Unfortunately, YouTube has stopped" atau "Force Close" .

3. Menginstall aplikasi client youtube
Terdapat banyak client youtube yang bisa dimanfaatkan agar streaming video menjadi lebih cepat minim buffer. Tetapi dalam penggunaannya berisiko untuk terjadinya terjadinya error antar aplikasi yang bisa menyebabkan aplikasi Youtube blank berwarna hitam dan tidak bisa diakses.

4. Melakukan update aplikasi Youtube.
Update yang dimaksud adalah update otomatis yang berjalan di background serta update manual. Aplikasi yang ada akan selalu membaca OS Android yang digunakan. Error bisa saja terjadi jika aplikasi Youtube versi baru itu tidak cocok dengan OS Android versi lama yang tidak didukung versi Youtube tersebut sehingga mengakibatkan error atau tidak dapat dibuka sama sekali.

5. Melakukan pembaruan terhadap Android OS yang terpasang di Smartphone.
Pembaruan yang dimaksud adalah upgrade sistem operasi. Contohnya, sebelumnya smartphonemu menggunakan OS Android versi 4.4 (Kitkat) lalu diupgrade ke versi 5.0 (Lollipop). Namun, tanpa disadari aplikasi Youtube masih versi lama dan seharusnya diupdate.

6. Koneksi lambat
Kecepatan jaringan internet juga memberikan pengaruh yang cukup signifikan untuk mengakses Youtube. Terlebih lagi apa yang diakses di Youtube adalah video yang mana perlu data yang besar dan koneksi cepat untuk melakukan streaming video Youtube. Kecepatan koneksi yang lambat memungkinkan aplikasi Youtube tidak bisa mengakses video yang dicari/ditonton.

Baca juga : Shortcut Rahasia pada Keyboard untuk Mempermudah Streaming Youtube

alfisbu youtube error tidak bisa dibuka

Lantas, bagaimana cara mengatasi Youtube error tidak bisa dibuka di Android? Berikut langkah-langkahnya :

1. Menghapus Cache pada Aplikasi YouTube
Langkah pertolongan pertama pada kasus Youtube error tidak bisa dibuka yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus cache. Cache ini akan terus bertambah dan semakin menumpuk, terlebih jika kamu sering menggunakan aplikasi Youtube tersebut untuk nonton video.

Apabila dibiarkan menumpuk, dampaknya aplikasi YouTube bisa saja mengalami error dan tidak dapat dibuka. Oleh sebab itu, rajin-rajinlah menghapus cachenya.

Cara menghapus cache aplikasi YouTube di android adalah sebagai berikut:

Buka menu Setelan > Aplikasi terinstall > YouTube > Hapus cache

2. Melegakan RAM
Memakai aplikasi YouTube memerlukan cukup banyak kapasitas RAM. Hal ini wajar sebab aplikasi ini selain harus terkoneksi ke server juga menampilkasn konten video yang cukup berat untuk RAM. Apabila kapasitas RAM smartphone kecil, bisa saja sewaktu-waktu YouTube akan crash dan tidak bisa digunakan.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa melakukan hal sederhana yaitu dengan membersihkan RAM.

Kamu bisa membersihkan RAM dengan cara menghentikan aplikasi-aplikasi yang tidak kamu gunakan.

Sehingga nantinya RAM akan jadi lebih lega dan YouTube bisa berjalan dengan lebih lancar dan tidak error.

3. Hapus Data Aplikasi YouTube
Selain menyimpan cache, aplikasi YouTube di android juga menyimpan data-data berupa konfigurasi, informasi akun, hingga thumbnail video.

Seiring dengan pemakaian, data yang disimpan oleh aplikasi YouTube di smartphone kamu akan semakin menumpuk.

Dan jika dibiarkan, maka aplikasi YouTube sewaktu-waktu akan crash dan tidak bisa digunakan.

Karenanya sesekali kamu perlu menghapus data aplikasi YouTube. Menghapus data tidak akan menghapus aplikasi, hanya pengaturannya saja yang hilang. Aplikasinya masih bisa kamu gunakan.

Untuk menghapus data aplikasi YouTube, kamu bisa mengikuti caranya dibawah ini:

Buka menu Setelan > Aplikasi terinstall > YouTube > Hapus data
Selanjutnya buka aplikasi YouTube kamu lagi. Kamu mungkin harus login lagi menggunakan akun Google.

4. Install Ulang Aplikasi YouTube
Salah satu penyebab yang mengakibatkan suatu aplikasi tidak bisa berjalan dengan lancar adalah karena terjadinya kesalahan saat proses pemasangan.

Jika aplikasi YouTube kamu tidak bisa dibuka karena masalah ini, solusinya sangat mudah. Yaitu dengan menginstall ulang aplikasi YouTube.

Pertama hapus dulu aplikasi YouTube di smartphone kamu. Kemudian install kembali melalui Google Play atau menggunakan file APK.

5. Update Aplikasi YouTube
Google selaku pemilik dari YouTube secara rutin mengupdate aplikasi berbagi video terpopuler ini.

Jika kamu tidak pernah mengupdate aplikasi YouTube, maka ada kemungkinan nantinya aplikasi tersebut tidak bisa digunakan lagi.

Ini bukanlah karena error. Tapi karena versi YouTube yang kamu gunakan sudah kadaluarsa.

Karenanya jika ada pembaruan, segera lakukan update. Jangan ditunda-tunda.

Dengan begitu kamu tetap bisa menggunakan YouTube dan bisa menikmati fitur-fitur barunya.

6. Hentikan Paksa Aplikasi YouTube
Cara keenam yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi YouTube yang error dan tidak bisa dibuka adalah dengan menghentikan aplikasi secara paksa.

Untuk melakukan hal ini sangatlah mudah. Kamu tidak perlu mendownload aplikasi ketiga. Ikuti cara dibawah ini untuk menghentikan YouTube secara paksa:

Buka menu Setelan > Aplikasi terinstall > YouTube > Hentikan aplikasi
Setelah itu buka lagi aplikasi YouTube dan gunakan seperti biasa.

Baca juga : Cara Mudah Download Video YouTube Tanpa Aplikasi

7. Gunakan Browser
Apabila sudah melakukan keenam cara namun aplikasi YouTube di smartphone kamu tidak kunjung bisa digunakan, maka inilah solusi terakhir yang bisa kamu coba.

Tinggal buka browser lalu akses situs YouTube di www.youtube.com. Browser yang kamu gunakan bebas saja sesuai seleramu. Apalagi browser seperti Chrome, UC Browser, Firefox dan Dolphin sekarang ini sudah sangat baik untuk mengakses YouTube.

Selain itu ada keuntungan lainnya bila mengakses YouTube lewat browser. Kamu tak perlu lagi install dan update aplikasi YouTube mu sehingga hemat penyimpanan dan data.

Demikian artikel mengenai Mengapa Aplikasi Youtube Error Video Tidak Bisa Dibuka dan Cara Mengatasinya di Android. Apabila ada yang ingin disampaikan silahkan tulis di kolom komentar di bawah ya. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Aplikasi Youtube Error Video Tidak Bisa Dibuka dan Cara Mengatasinya di Android"

Post a Comment