Kompilasi Tipe-Tipe Mahasiswa di Kampus Selama Masa Kuliah

alfisbu tipe mahasiswa di kampus

Kala masih mengenakan seragam abu-abu, banyak dari para remaja itu berpikir bahwa masa kuliah akan lebih menyenangkan dan terasa bebas dari pada sekadar pulang-pergi ke sekolah, kerjakan pr, ikut ekstrakurikuler, dan kegiatan lain saat masa SMA dan fase-fase "Wajib Belajar" sebelumnya.

Pemuda-pemudi tanggung yang masih mencari jati diri itu belum tahu atau mungkin ada yang sudah tahu namun memilih untuk tak memikirkannya bahwa dunia perkuliahan itu nyatanya jauh lebih kompleks dari yang dibayangkan. Yang sering dibayangkan adalah pergi ke kampus memakai pakaian bebas tanpa ada aturan seragam tiap hari meskipun masih berlaku di sekolah kedinasan (STAN, IPDN, STTD, dll) atau sekolah tinggi lain, ikut kelas bisa titip absen, tak harus bawa buku banyak-banyak karena tak jarang ada dosen yang lebih memilih memakai metode presentasi atau bahkan sudah mengirim materi pembelajaran dan tugas serta quiz secara online seperti lewat Google Classroom, Kahoot, Quizizz, dll.

Kuliah adalah tempat dimana para remaja itu bisa mengaktualisasikan dirinya seperti yang diinginkan. Bagi yang ingin menjadi seniman maka masuk sekolah seni, yang ingin jadi akuntan masuk ke jurusan akuntansi, yang suka biologi, penyembuhan penyakit, obat-obatan masuk ke fakultas kedokteran.

Baca juga : Cara Mengetahui Kepribadian Seseorang dari Tulisan Tangan

Lantas apa yang terjadi selepas para mantan pemakai seragam abu-abu itu pada saat menjalani fase kuliah? Aktualisasi diri di sini rupanya bukan hanya merujuk pada melakukan apa yang menjadi minat, bakat, atau passion saja. Kehidupan mereka pun juga akan menyesuaikan dengan preferensi mereka dalam menjalani "aktualisasi diri" tersebut. Ada yang tetap di jalan yang normal namun ada juga yang menjalaninya di jalan setan  abnormal. Kuliah bukan hanya belajar, kuliah adalah waktu untuk menggali pondasi dari potensi diri lebih dalam lagi, menancapkan tiang penyangga yang kokoh dengan terus belajar, membangun dinding-dinding dengan pengalaman, dan memasang atap-atap dengan konsultasi kepada dosen/senior/teman sebaya yang lebih berpengalaman, menghiasnya dengan cerita-cerita semasa kuliah, mewarnainya dengan prestasi, lalu tetap memagarinya dengan ilmu agama yang kuat.

Apa saja tipe-tipe mahasiswa yang ada dalam dunia perkuliahan dengan berbagai tingkah lakunya itu?

1. Tipe Kupu-Kupu
Mahasiswa ini merupakan versi dasar dari segala jenis mahasiswa yang ada pada dunia perkuliahan. Apapaun tipe-mu, disaat kamu sedang tidak bersemangat, ada masalah, lelah, pusing, badmood, atau bodo amat maka kamu akan kembali ke versi dasar mahasiswa ini. Bisa dibilang inilah Alpha dari segala tipe mahasiswa.
Apa yang dilakukan mahasiswa ini adalah berangkat ke kampus saat ada kuliah lalu pulang ketika kegiatan pembelajaran di kelas selesai. Tak peduli dengan kegiatan lain, intinya datang kerjakan lupakan, tapi ya biasanya sempat mampir juga sih ke warung makan untuk futsal makan. Oleh karena itulah disebut mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang).

2. Tipe Aktivis
Beri aku sepuluh pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia, sebuah cuplikan qoute dari Bapak Proklamator kita, Ir. Soekarno. Para pemuda yang memenuhi aspek untuk "mengguncang dunia" itu sepertinya layak dialamatkan untuk mahasiswa tipe aktivis. Mereka ikut banyak organisasi seperti BEM, Himpunan Jurusan, UKM, dan organisasi lain baik yang ada di kampus maupun tidak. Mereka inilah para penggerak kegiatan yang ada di kampus sehingga dapat terselenggara. Kuliah-rapat kuliah-rapat adalah kebaisaan mereka sehari-hari. Proker-proker adalah makanan mereka, deadline adalah doping mereka, suksesnya proker adalah piala mereka.
Namun, ada sisi lain dari tipe mahasiswa ini yang kadang mengarah kepada tindakan anarkis. Yakni demonstrasi. Ada dari mereka yang berdemonstarsi sesuai aturan, tertib, dan kondusif. Namun ada pula yang berakhir ricuh, anarkis dan malah tawuran.

3. Tipe Ambis
Belajar adalah hidup dan hidup adalah belajar. Ungkapan tersebut bisa menggambarkan kehidupan dari mahasiswa tipe ambis (ambisius). Tiada hari tanpa belajar, waktu adalah belajar. Mereka tidak suka dalam ketidaktahuan dan nilai yang jelek. Mereka biasanya bisa betah berlama-lama membaca materi dan mengerjakan soal latihan.
Meski terkesan agak individualis, namun tipe ini masih dianggap baik karena mereka mau mengajarkan ilmu mereka dan membantu teman yang kesusahan dalam hal akademis. Tentiran adalah pekerjaan sampingan mereka dan menjadi tempat "call center" bagi teman-teman yang kebingungan mengerjakan tugas.

4. Tipe Pebisnis
Uang uang uang uang uang uang uang uang (baca dengan nada Tuan Krabs Purba). Ini adalah versi advanced dari Ismail bin Mail di Upin Ipin. Jika Mail berbisnis di Tadika Mesra (TK), maka tipe mahasiswa ini segmen pasarnya adalah kampus/universitas, bahkan bisa meluas ke publik umum.
Mahasiswa ini menjalankan bisnis miliknya sendiri seperti kopi, ayam geprek, atau membuka les-les an. Bisa juga menjadi dropshipper dan buka toko online. Pokoknya dia ini bisa melihat peluang dan mengubahnya menjadi keuntungan bagi dirinya.


5. Tipe Romantis
"Sayang, nanti malam kita makan malam bersama di restoran *** yuk" (clue : ayam). Merinding nggak sih baca kalimat itu, terutama bagi yang ... ahsudahlah...
Tipe mahasiswa ini biasanya kemana-mana akan berada dalam bentuk paketan (re:couple). Entah yang couplenya sekelas, seuniversitas, atau bahkan LDR.

6. Tipe Agamis
"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh teman-teman", ucapnya ketika membuka pintu dan masuk ke kelas. Kehadirannya memberikan secercah harapan, tutur katanya lembut menyejukkan jiwa, dan tindak-tanduknya jauh dari kata tercela. Tipe ini menjadi pendakwah yang bisa membimbing teman-temannya menuju ke jalan yang benar dan menjauhi perbuatan dosa. Datanglah padanya disaat kamu sedang berputus asa, niscaya kau tak tersesat dan mampu bangkit kembali.

7. Tipe Psy-Trap
Hilih!! Tipe ini adalah salah satu atau mungkin yang paling dibenci semua orang. Bagaimana tidak, bialngnya tak belajar tapi nilai tak ada yang tak sempurna. Psytrap ( Psychological Traps)  atau jebakan psikologis adalah sebuah akal busuk dari seseorang untuk mempengaruhi pikiran dari orang lain agar seolah-olah orang lain tersebut percaya dengan apa yang ia katakan namun pada kenyataannya berkebalikan dengan fakta dengan tujuan untuk mempengaruhi dan melemahkan mental orang lain (lawan). Tipe mahasiswa Psy-Trap ini amat sangat terkenal di kampus PKN STAN yang terkenal dengan aturan DO nya yang ketat.

8. Tipe Doyan Panitia
Yang namanya sering muncul di daftar wawancara open recruitment (oprec), yang namanya kerap menghiasi pengumuman daftar panitia, dan yang tak jarang jadi "budak proker" dengan keharusan menjual danusan, rapat dan rapat, serta pelaksanaan tugas dan fungsinya. Tipe mahasiswa ini yakin bahwa hardskill (akademis) tak cukup untuk dunia pekerjaan. Diperlukan softskill (keterampilan sosial) untuk mampu bersaing di dunia kerja. Mereka rela membagi waktunya antara belajar, bermain, dan bersantai untuk menjalankan tugas kepanitiaan.

9. Tipe Artis
For business inquirement/endorsement/paid promote please DM or contact me via blablabla. Yang ada tulisan itu di sosial medianya seperti di Instagram, fix dia itu serang artis sosmed (selebgram). Tipe ini biasanya punya banyak followers, bisa ribuan bahkan ratusan ribu dan profil akunnya adalah profil bisnis. Di berandanya banyak berseliweran foto-foto promosinya untuk produk tertentu dan biasanya mendapat bayaran atau paling tidak hadiah seperti barang gratis. Sering live IG, update status, instastory, dll.

10. Tipe Selow
Karna ku selow, sungguh selow, sangat selow, tetap selow, santai santai nilai nggak akan kemana... Tipe mahasiswa ini menjalani kehidupan kampus apa adanya yang penting bahagia. Kuliah-main kuliah-main, begitu rutinitasnya. Kalau ada tugas biasanya nggak langsung dikerjakan menjelang deadline baru deh mulai kerjakan itu pun kadang nyontek punya temen. Sing penting yakin, pikir keri.

11. Tipe Kopdar
"Cuy, nanti kita kumpul-kumpul dah ama anak-anak di Kafe ********". Tipe ini merupakan tipe yang bisa dibilang cukup hedon dan sering bersosialisasi. Sering kumpul-kumpul bareng temen di tempat-tempat kuliner seperti kafe, pusat jajan malam, atau paling tidak M*D dan K*C. Para pengabdi kopi, sebut saja Anak Indihome Indie Penikmat Senja, juga sering masuk dalam kategori ini. Makan nggak makan, minum nggak minum yang penting kumpul coyy..

12. Tipe Atlit
Agendakan  badminton hari Selasa, Basket hari Rabu, Tenis hari Kamis, futsal hari Sabtu, dan jogging hari Minggu. Sering ikut lomba olahraga seperti futsal, badminton, dll serta mungkin saja catur. Punya fisik yang relatif lebih fit dan kuat dibanding teman-temannya yang lain. Tipe ini biasanya otot kawat tulang besi.

13. Tipe Seniman
Tipe mahasiswa ini biasanya punya bakat seni yang tinggi seperti bisa nyanyi, melukis, desain grafis, menari, dsb. Kalau ada kepanitiaan atau acara biasanya mereka akan mendaftar pada bagian DKV/HPD/Pubdok atau menjadi pengisi acara baik sendiri atau bareng grupnya. Tak hanya di kampusnya, mereka juga bisa saja aktif mengisi acara di kampus lain atau di berbagai tempat. Kalau yang jago desain grafis biasanya akan sering dimintai tolong untuk bikin poster, logo, dll (("gratis")).

14. Tipe Jawara
Tipe mahasiswa ini suka akan tantangan dan tak ingin berada di zona nyaman dengan hanya berkompetisi melawan teman sekelas/sejurusan saja. Mereka akan ikut perlombaan/kejuaaraan untuk mengasah dan membuktikan kemampuan mereka. Selain bisa meraih juara untuk diri sendiri tentunya juga bisa mengangkat nama baik jurusan atau kampusnya. Tipe ini seperti campuran antara ambis dan aktivis yang memiliki segudang prestasi.

15. Tipe Misterius
Mahasiswa dengan tipe ini memiliki sifat yang sulit dimegerti, aneh, kadang penyendiri yang membuatnya nampak misterius. Ia datang tanpa diundang dan pergi tanpa diantar. Tak banyak rang yang berada disampingnya (teman) karena ia adalah tipe orang yang tertutup dan menjauhi keramaian. Tipe ini biasanya dialamatkan pada mereka yang W*bu no life, techno geek, anak pendiam, orang yang sendiri dari daerah asalnya, dan beberapa sebab lain. (maaf tidak maksud menyinggung, chill)

16. Tipe KKN (Kuliah Kerja Nyata)
Yang dimaksud di sini bukan mahasiswa yang sedang ikut acara KKN dari kampus, melainkan mahasiswa yang "nyambi" bekerja di sela-sela waktu kuliahnya. Mereka sedang memerlukan uag dan sadar bahwa kehidupan di kampus itu perlu biaya dan tak bisa terus menerus mengandalkan uang kiriman orang tua. Sehingga mereka bekerja untuk memenuhi kebutuhan baik di rumah/kos maupun di kampus.

17. Tipe Admin Sosmed (OA Line, IG, Blog, dll)
Dengan jaman yang semakin berkembang, persebaran informasi menjadi semakin cepat dan mudah untuk ditemukan. Hal ini juga dimanfaatkan oleh para "pemain belakang layar" yang memegang kendali berbagai OA atau akun sosial media. Mereka akan menyediakan berbagai informasi baik yang bersifat akademis, acara kampus, komersil, hiburan, atau bahkan hal-hal tertentu lainnya.

Demikian postingan mengenai Tipe-Tipe Mahasiswa di Kampus Selama Masa Kuliah. Semoga bisa menjawab rasa penasaran anda mengenai apa yang terjadi kala pemuda-pemudi kuliah lantas apa saja tipe-tipe mereka. Terima kasih atas kunjungannya di blog alfisbu.com .

Jari-jari netizen bolehlah cepat namun komentar tetap harus bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel